loader

Kebijakan Jokowi Bantu 1,6 Juta Pelanggan PLN UIW Sumut

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - "Dan kami dari PLN UIW Sumut siap melaksanakan kebijakan subsidi dari pemerintah yang bertujuan untuk meringankan beban warga yang saat ini sedang mengalami pandemi virus korona," ujar General Manager PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra, dalam keterangan resmi yang diterima Globalplanet.news, Kamis (2/4/2020). 

Irwansyah mengungkapkan, saat ini pelanggan PLN yang terdaftar bersubsidi sesuai Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sebanyak 1,6 juta pelanggan di Sumatera Utara.

"Yang 1,6 Juta pelanggan ini terdiri dari 1,3 juta pelanggan daya 450 VA dan 300 ribu pelanggan daya 900 VA," ujar Irwansyah.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pembahasan PLN dan pemerintah untuk pelanggan pascabayar pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran. 

Sementara, sambung Irwansyah, untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. 

Pelanggan yang terlanjur membeli token, tambah Irwansyah, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan, sehingga token yang sudah dibeli tidak akan hilang. 

"Pembebasan tagihan dan diskon listrik akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 1 April 2020. Saat ini PLN Pusat tengah melakukan proses input pelanggan yang terdaftar dalam BDT TNP2K ke dalam sistem, dan diperkirakan akan selesai dalam satu pekan ke depan," papar Irwansyah.

Untuk layanan PLN seperti pasang baru, perubahan daya, dan penerangan sementara, Irwansyah menyarankan pelanggan agar dapat melakukannya di rumah masing-masing dengan menghubungi Contact Center PLN 123 serta aplikasi PLN Mobile. 

"Sedangkan pembayaran dan pembelian token dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking serta e-commerce dan e-wallet seperti tokopedia, lazada, bukalapak, blibli, shopee, ovo, go-pay, dan lainnya," ujar Irwansyah.

Dengan demikian, kata Irwansyah, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan anjuran pemerintah terkait antisipasi penyebaran covid 19. 

PLN

Share

Ads