loader

Pemkab Lahat Minta Pasar Kalangan Dibuka Kembali

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Januarsyah menyebutkan pasar kalangan boleh dibuka guna mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Virus Corona. 

"Kalau sampai terjadi kelangkahan sembako, bisa berpotensi pada penjarahan. Jangan sampai nanti malah ada yang "busung belubang" (kena tujah), akibat pasokan barang jadi sulit," ujar Januarsyah.

Januarsyah juga meminta, Camat segera berkoordinasi dengan kepala desa dan pengelola pasar. Untuk upaya pencegahan Covid 19, nantinya di sejumlah titik di pasar rakyat dipasangkan baleho berisi protokol kesehatan. 

"Camat ingatkan warganya. Jika ke pasar pakai masker, tetap jaga jarak. Bila perlu saat bertransaksi, baik pembeli maupun penjual gunakan sarung tangan. Kalau sulit, gunakan saja plastik sekali pakai," pesannya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Fikriansyah mengatakan, sebelumnya, memang ada beberapa "kalangan" ditutup oleh Kades. Namun berjalan dua pekan, mulai ada gejolak. Masyarakat kesulitan barang, pedagang tidak mendapatkan penghasilan. 

"Ini memang dilematis, tapi kita juga harus memikirkan dampak ekonomi masyarakat. Sesuai edaran, pasar kalangan tidak ditutup, tetapi masyarakat diminta patuh terhadap protokol kesehatan," katanya.

Share

Ads