loader

Tidak Mandek, Arus Ekspor Sawit dan Komoditi Sumsel Masih Berjalan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Alhamdulillah kegiatan rutin ekspor impor komoditi kita tidak mandek. Seperti sawit, batubara semua masih jalan. Bukan penurunan ya paling ada keterlambatan karena jika ada lockdown kapal jadi sulit bersandar. Seperti batubara di Malaysia," ujar Gubernur dalam pemantauan Selasa (14/4/2020).

Otoritas pelabuhan juga menyampaikan bahwa aktivitas ekspor impor terus berjalan seperti biasa meski ada pandemi Covid. Seperti misalnya ekspor batubara ke Malaysia, China juga India.

Dipastikan kondisi komoditas andalan dan ekspor khususnya pangan dan hasil bumi serta hasil perkebunan Sumsel, vegitu juga impor yang berkaitan dengan bahan baku pupuk untuk petani terus berjalan.

"Jadi petani tetap bisa bekerja memelihara kebun dengan pemupukan yang tidak terganggu. Saya datang memastikan ini agar sinergi antara cegah Covid-19 dan perekonomian tetap berjalan baik," jelasnya.

Di tempat ini Gubernur juga membagikan sejumlah paket sembako pada puluhan buruh yang sedang bekerja di sekitar lokasi. Saat meninjau HD tampak didampingi Manager IPC Pelindo II,  Bea Cukai Palembang, Lanal, KKP dan Kadishub.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah memastikan bahwa kegiatan operasional industri dapat berjalan beriringan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Jalannya industri merupakan hal yang penting agar rantai pasok dan ketersediaan bahan baku dapat tetap berjalan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami sangat memahami masalah yang dihadapi berbagai daerah khususnya yang telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menangani Covid-19. Terdapat semangat yang sama antara pemerintah pusat dan daerah, yaitu berupaya untuk memastikan kegiatan ekonomi tetap berjalan, dan juga di saat yang sama memperhatikan protokol kesehatan untuk mengendalikan mata rantai Covid-19 sehingga dapat kita hilangkan dari Indonesia,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran pers yang disebarluaskan ke media.

Untuk memastikan industri di berbagai daerah terus berjalan beriringan dengan protokol kesehatan, Kemenperin sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada pelaku industri di Indonesia. “Kami sudah keluarkan surat edaran kepada perusahaan dan kawasan industri serta kami juga telah membuat pedoman untuk para pekerja sehingga dapat mencegah penyebaran virus ini,” jelasnya.

 

Share

Ads