loader

Anisa, Bocah Pengidap Pembesaran Perut Jalani Operasi, Proses Penyembuhan Dengan Kolostomi

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Hari ini (Kamis, 11/6/2020), buah hati pasangan Edi Anto (41) dan Inah (32) itu telah menjalani operasi di RSMH Palembang. 

Salah satu tokoh masyarakat asal Desa Sungai Baung, Sinta, yang mendampingi Anisa menjalani operasi di RSMH Palembang menjelaskan bahwa kondisi buah hati Edi Anto (41) dan Inah (31) ini sudah mulai stabil pasca operasi yang dialaminya.

"Alhamdulillah, operasi berjalan lancar. Dan kondisi Anisa sudah mulai stabil. Kami ucapkan juga terimakasih kepada seluruh pihak yang turut membantu dan mendoakan Anisa, sehingga Anisa bisa menjalani operasi dengan lancar. Terutama, kami ucapkan terimakasih kepada Bupati PALI H. Heri Amalindo," ungkap Sinta, saat dihubungi via telfon.

Sementara itu, dr. Vivin Esran, salah satu tenaga kesehatan yang memantau perkembangan Anisa menjelaskan bahwa Anisa setelah menjalani operasi diketahui terdapat gangguan kesehatan di ususnya. 

"Tadi, operasi yang dilakukan yaitu sedot kotoran lewat anus. Kemudian, dokter mengambil sampel yang diketahui bukan tumor jinak, seperti diagnosa awal. Melainkan adanya penyumbatan pada usus besar. Hal itulah yang memicu Anisa tidak BAB dalam waktu yang cukup lama," jelasnya. 

Dirinya juga menerangkan setelah dipastikan bukan tumor, maka pihak medis akan melakukan Kolostomi untuk proses penyembuhan pada perut Anisa yang membesar. 

Kolostomi adalah prosedur yang umumnya dilakukan untuk menghentikan infeksi, mengatasi penyumbatan, atau mencegah kerusakan lebih lanjut pada usus besar. 

"Artinya, proses penyembuhan nanti usus Anisa akan dikeluarkan dan diletakkan di samping, untuk beberapa hari selama proses pemulihan. Kemudian, jika kondisi sudah membaik akan dimasukkan kembali. Tentu itu semua dalam kondisi yang steril," tambah dr. Vivin. 

Untuk proses pemulihan, dr. Vivin belum bisa memastikan sampai kapan. Namun, Ia meminta doa kepada seluruh warga PALI untuk kesembuhan Anisa. 

"Alhamdulillah, setelah disedot melalui operasi, perut Anisa sudah lumayan kempes dan kondisi sudah membaik. Semoga Anisa segera sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasa," tutupnya.

Share

Ads