loader

750 Pekerja Project EOR Jirak Lakukan Rapid Tes

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - Project Management Ast. Manager, Jirak Waterflood Project, Saiful Anam, dalam press rilis menyampaikan, kegiatan merupakan komitmen Pertamina EP dalam mencegah penyebaran COVID - 19.

"Rapid tes bagi 750 pekerja dan kontraktor sendiri kita melibatkan 8 tenaga medis RS Pertamina Prabumulih, 2 orang kontraktor dan 1 dokter dari Jirak Waterflood Project, " kata Saiful, Senin (24/8/2020).

Lanjut dia, untuk lokasi tempat kegiatan rapid tes dilaksanakan di area lokasi kegiatan project yakni pembangunan Water Treatment dan Injection Plan (WTIP) yang letaknya berdampingan dengan Stasiun Pengumpul eksisting, SPU-2 Desa Jirak, Kecamatan Jirak Jaya. 

"Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah berkoordinasi dengan Kecamatan Jirak Jaya, Polsek Sungai Keruh dan juga Puskesmas Jirak Jaya selaku satgas COVID - 19 yang di tunjuk oleh Dinkes Muba," jelasnya. 

Disamping itu, Saiful menerangkan, kegiatan itu juga sebagai tindak lanjut himbauan melalui surat edaran Pertamina EP kepada kontraktor terkait edaran Pertamina No.188/EP2360/2020-S0 perihal Rotasi Pergantian Kru dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Operasi Jirak Waterflood Project PT. Pertamina EP.

Dan perlu diketahui bersama bahwa selama ini di lokasi kegatan di lapangan belum ada kasus COVID - 19, dan kegiatan Rapid Test ini sendiri tidaklah memastikan apakah orang tersebut positif atau negatif COVID - 19.

"Rapid Tes hanya melihat kemampuan antibodi setiap orang akan semua virus, jadi untuk memastikannya harus diuji lebih lanjut dengan Swab Tes, selama ini Jirak Waterflood Project PT Pertamina EP menerapkan protokol ketat kepada pekerja maupun seluruh kontraktor yang bekerja di lingkungan project dan memberikan rasa aman juga bagi warga masyarakat di wilayah Kecamatan Jirak Jaya," beber dia.

Sementara, Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra, mengatakan, sesuai arahan Bupati Musi Banyuasin Bapak Dodi Reza Alex Noerdin, semua pihak diminta terlibat aktif bersinergi untuk mencegah sebaran COVID - 19, sehingga langkah menuju new normal life dapat disiapkan dengan baik.

"Langkah ini akan terus kita laksanakan dengan aktif nengajak perusahaan yang beroperasi di Jirak Jaya untuk melakukan rapid test berkala bagi karyawan. Mengingat Jirak Jaya sudah berada di zona hijau dan status ini akan terus dipertahankan," tegas dia.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, Pemerintah Kecamatan sendiri tetap aktif menjalankan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin mematuhi Protokol Kesehatan yang telah diarahkan pemerintah.

"Kita terus lakukan sosialisasi Protokol Kesehatan, mulai dari wajib masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan selalu menjaga imunitas agar tetap sehat, serta mengingatkan masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," tandas dia.

Share

Ads