loader

Tangan Petrus Rusak usai Dirawat di Rumah Sakit Swasta di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Malang dialami Petrus (58) warga Jalan Perindustrian II, Kecamatan Sukarami Palembang. Usai rawat inap di salah satu rumah sakit swasta di Palembang, tangan kirinya mengalami pembusukan jaringan.

Kuasa hukum korban Bagus Prasetya Andrinata menjelaskan bahwa awalnya kliennya mendatangi rumah sakit untuk berobat permasalahan di lambung pada Selasa 3 Oktober 2023, sekitar pukul 23.00 WIB.

"Setelah di rumah sakit, klien saya ini dirujuk untuk rawat inap, setelah dua hari dirawat tangannya diinfus," ujarnya di depan gedung Ditreskrimsus Polda Sumsel, Rabu (10/1/2024).

Setelah diinfus kata Bayu, tangan kiri kliennya terdapat luka hitam yang bersumber dari posisi jarum selang infus. "Luka itu menjalar hingga ke sebelah lengannya dan mengakibatkan pembusukan jaringan," katanya.

Tak hanya itu, Bayu mengungkap bahwa pembuluh darah Vena kliennya juga mengalami cacat sepanjang 30 senti meter.

"Klien kami sudah bertanya dengan oknum yang menginfus, mengapa bisa demikian, tetapi pihak rumah sakit tidak memberikan penjelasan," ungkapnya.

Karena itu, kliennya melaporkan peristiwa tersebut ke Ditreskrimsus Polda Sumsel atas kasus Dugaan Tindak Pidana Kejahatan Tenaga Kesehatan UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 440. "Kami berharap, pihak rumah sakit dapat bertanggungjawab," katanya.

Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Bagus Suryo Wibowo membenarkan adanya laporan tersebut. "Laporannya sudah masuk pada Kamis  21 Desember 2023 lalu tentang adanya dugaan malapraktek," kata Bagus.

Adapun upaya yang sudah dilakukan oleh penyidik kata Bagus, yakni melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang saksi. "Pertama korban sendiri, kedua anaknya, dan ketiga keluarga korban," kata Bagus.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Majelis Kehormatan Disiplin Dokter Indonesia (MKDDI).

"Karena untuk melakukan pemeriksaan terhadap tenaga medis kami membutuhkan rekomendasi dari MKDDI. Setelah itu baru kami akan panggil dari pihak rumah sakit," jelasnya.

Share

Ads