loader

Kolaborasi Masyarakat dan Militer, Bersatu Lawan DBD di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dalam rangka mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Komandan Kodim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han memerintahkan seluruh jajaran Koramil untuk melaksanakan Fogging secara serentak untuk mencegah penyebaran virus DBD. 

Dandim mengatakan bahwa penyakit DBD sudah banyak korban baik anak - anak hingga dewasa, sehingga saya menekankan kepada seluruh jajaran Koramil melalui Danramil agar Babinsa berperan aktif di wilayah masing-masing.

"Apapun itu kegiatannya jangan pernah lelah berbuat baik, jika tidak bisa membantu dengan materi mari kita bantu melalui tenaga dan pikiran. Intinya kalau untuk kepentingan masyarakat jangan berfikir nanti," ujar Dandim, Selasa (19/3/2024).

Menurut Dandim, penyakit DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang penularannya disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Sehingga, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dapat dilakukan dengan memotong siklus penyebarannya melalui Fogging (pengasapan) untuk membunuh nyamuk dewasa," ungkapnya.

Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban DBD maka penting kiranya kita laksanakan tindakan pencegahan penyebaran virus DBD. kita tahu Babinsa kita saat ini sudah terus melakukan tugasnya dengan berkomunikasi langsung ke masyarakat guna mencegah penyebaran DBD ini dengan menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang. 

"Selain itu kita ajak masyarakat untuk bergotong royong bersama - sama membersihkan tempat - tempat air tergenang, tempat sampah juga terus menghimbau dengan  cara pencegahan dan penularan nyamuk DBD yang paling baik adalah melalui pemberantasan sarang nyamuk (PSM) dengan cara menguras, menutup, dan mengubur serta memantau (4M)," jelasnya.

Masih kata Dandim, dengan Fogging saja tidak cukup karena Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD. "Namun harus dibarengi dengan tindakan lain karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa," pungkasnya.

Share

Ads