loader

Danrem 042/Gapu Paparkan Strategi Menangkal Karhutla Jambi di Hadapan Kepala BNPB

Foto

JAMBI, GLOBALPLANET - Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menerima kunjungan Kerja Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto ke Provinsi Jambi dalam rangka Rapat Koordinasi penanganan Karhutla, Selasa (18/07/2023).

Kunjungan Kepala BNPB pusat tersebut dikarenakan Wilayah Provinsi Jambi termasuk dalam 6 daerah yang menjadi prioritas penanganan Karhutla di tahun 2023. 

Danrem selaku Plh Dansatgas Karhutla menjelaskan antara lain Kondisi Wilayah Provinsi Jambi, ancaman El nino, peta sebaran titik api dan juga potensi kerawanan yang akan timbul serta mekanisme Komando pengendalian Posko satgas kepada subsatgas darat dan udara.

Setelah itu, pada malam harinya,  Kepala BNPB melanjutkan kegiatan dengan memimpin Rakor dalam rangka penanganan Karhutla di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi yang diawali dengan sambutan dari Gubernur Jambi, Kapolda hingga Ketua DPRD Jambi.

Danrem 042/Gapu juga memaparkan Strategi Satgas dalam menangkal terjadinya bencana Karhutla yaitu dengan melaksanakan Sosialisasi, Inspeksi perlengkapan, latihan Kesiapsiagaan dengan stakeholder terkait, pembentukan 59 pos yang tersebar di wilayah rawan Karhutla, pembasahan lahan, patroli satgas, serta sarana yang digunakan dalam penanganan Karhutla.

Kepala BNPB menjelaskan terkait prediksi dari BMKG Pusat tentang ancaman El Nino akan mengalami puncaknya pada bulan Agustus-September.

Dia mengharapkan agar penanganan Karhutla di Provinsi Jambi lebih diperhatikan lagi dengan baik, ketersediaan air agar dipantau setiap saat dengan mengisi embung-embung air yang tersedia.

"Memprioritaskan MSC secara masif, membasahi daerah-daerah gambut, antisipasi titik api jangan sampai bertambah dan meluas, lakukan penegakan hukum, serta selalu mempedomani arahan dari bapak Presiden tentang penanggulangan Karhutla," ujarnya.

Di akhir pengarahannya Kepala BNPB menekankan agar sumur hydrat yang sudah dibangun segera dapat beroperasi dengan baik dan maksimal, sehingga bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran tidak perlu lagi mencari sumber air untuk kegiatan pemadaman.

Hadir pada rapat tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Jambi, Sekda, Para Bupati Se-Provinsi Jambi, para PJU Korem dan Polda Jambi, para Dandim jajaran Korem 042/Gapu, para Kapolres jajaran Polda Jambi, Kalak dan Kepala BPBD Se-Prov Jambi, Ka Basarnas, Manggala Agni, Ka BMKG, serta para OPD Se-Provinsi Jambi.

Share

Ads