loader

Berhari-hari Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sukawinatan Belum Padam

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kebakaran gunungan sampah di TPA Sukawinatan Palembang masih terus terjadi. Berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Palembang dibantu Pemprov Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru untuk kedua kalinya mengunjungi lokasi guna memastikan jalannya pemadaman berjalan dengan lancar, Selasa (15/8/2023).

Herman Deru memerintahkan Kepala BPBD Sumsel menggunakan helikopter water bombing ke lokasi kebakaran guna pemadaman api. Sebab setelah lima hari proses pemadaman berlangsung api kembali membesar.

"Semalam saya tinjau, saya putuskan karena hari ini belum ada hujan kita pakai heli water bombing. Sampai saat ini sekitar 200 kubik air lebih yang ditumpahkan kelokasi api, itu juga  belum lagi pemadaman lewat darat," katanya. 

Herman Deru berharap turunya semua kekuatan dalam membantu proses pemadaman. Secepatnya api dapat dipadamkan.

"Mudah-mudahan apinya padam dan semua potensi yang terbakar akan kita basahi. Ini akan terus kita pantau guna memastikan apinya tidak menyala lagi," tambahnya. 

Herman Deru masih belum dapat memastikan penyebab terjadi kebakaran  ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Bisa jadi karena proses alam dan ilmiah di dalamnya sehingga meledak dan menimbulkan percikan api sehingga menyebabkan api membesar," imbuhnya. 

TPA Sukawinatan dibuka pada tahun 1996 atau sudah digunakan sejak  27 tahun lalu. "Bisa jadi proses alam ditambah lagi terik matahari sehingga timbulkan percikan api sehingga menyebabkan kebakaran," kata gubernur.

Gubernur mengintruksikan  Wali Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada warga-warga sekitar TPA. "Saat ini para pemulung belum diizinkan masuk ke area TPA  karena  bahaya bagi kesehatan. "Kita upayakan api benar-benar padam sehingga tidak  mencemari udara  yang kita upayakan," tutupnya.

Share

Ads