loader

Polda Sumsel Kerahkan 300 Personel dalam Operasi Stop Karhulta Musi 2023

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sebanyak 300 personel Polda Sumsel akan dikerahkan selama 30 hari ke depan untuk sosialisasi mencegah kebakaran hutan dan lahan di Sumsel. Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmat Wibowo menyatakan itu pada pembukaan operasi Latpra Ops Stop Karhutla Musi 2023, Senin (11/09/2023).

"Operasi ini akan dilaksanakan selama 30 hari mulai Rabu 13 September hingga 13 Oktober 2023. Akan melibatkan 300 personel Polri dan akan melibatkan stakeholder terkait," katanya.

Jenderal bintang dua ini menyampaikan situasi karhutla tidak seperti tahun 2015 dan 2019. Tetapi BMKG menyampaikan cuaca panas musim panas El Nino panjang sampai bulan Desember.

"Titik api Sumatera Selatan saat ini yaitu 20 sampai 30 titik api setiap hari harinya. Sementara water bombing kita ada lima yang digunakan, tapi hanya tiga siap beroperasi duanya lagi dalam perbaikanan," bebernya.

Lebih lanjut satu water bombing untuk memadamkan api, ketika air di titik api kebakaran membutuhkan waktu mulai dari mengambil air lalu kembali ke lokasi kebakaran.

"Terakhir saya mendapatkan informasi dari Lanud kalau mengambil air waktu sekarang bisa mencapai 20 menit karena air mulai berkurang dan kering," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap kepada personel yang terlibat dalam kegiatan Latpra Ops Stop Karhutla Musi 2023 bisa bersosialisasi di lokasi kebakaran hutan dan lahan. 

Share

Ads