loader

Atasi Karhutla, Polda Sumsel Tambah Ratusan Personel ke OKI dan Ogan Ilir

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Polda Sumsel mengirimkan ratusan personel untuk ikut andil mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten (Ogan Ilir).

Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Zulkarnain mengatakan, pihaknya kembali mengerahkan anggota, untuk membatu personel sudah terlebih dahulu dikerahkan mengatasi Karhutla di Sumsel.

"Kami menambah sebanyak 126 personel untuk bertugas mengatasi karhutla setelah sebelumnya kami telah mengirimkan sebanyak 325 personil," kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Zulkarnain usai Apel pagi pelepasan personel di Mapolda Sumsel, Selasa (19/9/2023).

Ia menambahkan ratusan personel tersebut akan beroperasi selama sepekan ke depan. "Kami melihat situasi jika memungkinkan dalam waktu sepekan karhutla bisa diatasi. Namun apabila situasi dilapangan tidak memungkinkan maka personil akan kembali ditambah," kata Brigjen Pol Zulkarnain.

Ia menambahkan personel yang dikerahkan dibekali dengan alat yang memadai mulai dari mobil AWC, beberapa unit mobil pemadam kebakaran, pompa air, hingga tangki air.

Personel yang diturunkan ke kabupaten rentan karhutla itu juga bertujuan untuk membantu masyarakat melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla baik lahan pertanian/perkebunan di sekitar kawasan desa atau permukiman masyarakat.

Ia berharap para personel terus menjaga kondisi kesehatan sehingga mampu bekerja maksimal dan karhutla bisa segera diatasi.

"Karhutla ini harus diakhiri agar kabut asap yang terjadi akibat karhutla bisa hilang dan potensi penyakit pernapasan yang ditimbulkan akibat kabut asap tak ada lagi," tutupnya. 

Share

Ads