loader

Sumsel Terima Penghargaan dari Menteri LHK, Fatoni: Semua Harus Jaga Lingkungan

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) menerima sejumlah penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak semua pihak untuk terus menjaga lingkungan.

“Ini penghargaan terhadap pemeliharaan lingkungan yang diberikan kepada Pemerinta Provinsi Sumatera Selatan,” kata Fatoni di Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

“Semua pihak harus sama-sama menjaga lingkungan, baik dari keluarga, masyarakat, pemda termasuk swasta,” sambung Fatoni.

Dia meminta seluruh pihak untuk menjaga lingkungan. Terlebih saat ini hampir seluruh wilayah di Sumatera Selatan tengah menghadapi iklim yang kurang baik.

“Apalagi saat ini kita sedang menghadapi iklim yang tidak kondusif kemudian el nino dan sedang banyak kebakaran hutan,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapat sejumlah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, salah satunya adalah meraih penghargaan apresiasi pembinaan ProKlim Tingkat Provinisi tahun 2023. Provinsi Sumatera Selatan mampu mempertahankan posisinya lima tahun berturut-turut sejak tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung  Menteri LHK Siti Nurbaya.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. 

Selain itu, program ini memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Share

Ads