loader

Cegah Banjir, Kodim 0406 Lubuklinggau Tanam Ribuan Pohon di Objek Wisata Danau Aur

Foto

MUSI RAWAS, GLOBALPLANET - Dandim 0406 Lubuklinggau melaksanakan penanaman 2000 pohon di Danau Aur, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Sumsek Jumat (8/12/20223). Kegiatan penghijauan ini guna penanggulangan dan antisipasi bencana banjir dan tanah longsor.

Dandim 0406 Letkol Inf Kunto Adi Setiawan mengatakan kegiatan penanaman pohon ini juga dalam rangka HUT Ke-78 Kodam II/Sriwijaya. Selain itu juga merupakan upaya dalam penanggulangan dan antisipasi bencana alam banjir atau pun tanah longsor serta mewujudkan fungsi lingkungan hidup dan meminimalisir dari dampak pemanasan global.

“Kita telah melaksanakan penanaman pohon sebanyak 2000 pohon, di wilayah objek Danau Aur guna mencegah bencana banjir terlebih lagi saat ini sudah musim penghujan,” kata Kunto.

Karya bakti penanaman pohon dipimpin oleh Kasdim Mayor Inf Nur Sigit Prasetya beserta anggota Kodim 0406 Lubuklinggau, bersinergi dengan Dinas Perairan, Pertanian, Polsek , Kecamatan, Kelurahan, Pihak sekolah dan masyarakat.

“Jenis pohon yang kita ditanam antara lain pohon Mahoni, Bambang Lanang, Meranti, dan tanaman buah Sirsak,” katanya.

Kasdim Mayor Inf Nur Sigit Prasetya S.I.P.,M.Sc menambahkan, bahwa penanaman pohon tersebut merupakan program dalam rangka pembinaan lingkungan hidup tujuan dari dilaksanakannya penanaman pohon terwujudnya keselarasan, keserasian , keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup.

“Penanaman pohon ini juga untuk tercapainya fungsi lingkungan hidup terjaganya sumber daya alam terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana serta terkendalinya polusi atau pencemaran udara," katanya.

Diharapakan dengan adanya penanaman pohon penghijauan ini dapat mengurangi dampak pemanasan global dan kekeringan. Di sisi lain di saat musim penghujan pohon-pohon yang ditanam dapat meminilisir bencana seperti tanah longsor dan banjir khususnya diwilayah Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel.

Kodim 0406 Lubuklinggau juga mengajak untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah Daerah dalam gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan dengan menggalakkan penghijauan dilingkungan sekitar.

“Mari sama-sama peduli terhadap lingkungan dengan menjaga lingkungan kita demi generasi penerus kita," pungkasnya.

Sementara Camat Sumber Harta Deni Permada Lubis mengatakan pihaknya dan warga sangat menyambut baik penanaman pohon di sekitar wilayah Objek Wisata Danau Aur, hal ini bisa menanggulangi banjir untuk wilayah Kecamatan Sumber Harta. 

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada pihak TNI khsususnya Kodim 0406 Lubuklinggau yang telah menyenggarakan karbak dengan menanam 2000 pohon untuk mencegahan banjir,” kata Deni. 

Share

Ads