loader

Antisipasi DBD, Seluruh RT di Wilayah Sukajadi Talang Kelapa Gotong Royong Serentak

Foto
Lurah Sukajadi Rusdy Bahalwan, S.Sos. M.Si, saat ditemui di sela-sela gotong royong di RT 027 RW 005. Minggu (28/1/2024)

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Warga Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin gelar gotong royong  serentak membersihkan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD).

“Berdasarkan laporan beberapa Ketua RT sudah ada beberapa warga yang terpapar DBD. Kami sudah koordinasi dengan kecamatan dan Dinas kesehatan untuk melakukan Fogging dan menggelar kegiatan gotong royong serentak di seluruh RT,” ungkap Lurah Sukajadi Rusdy Bahalwan, S.Sos. M.Si, Minggu (28/1/2024) saat ditemui di sela-sela gotong royong di RT 027 RW 005.

Fogging bukan jalan satu-satunya mencegah DBD, karena  tetap ada efek sampingnya, yang lebih penting adalah bagaimana warga memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. "Nah, gotong royong inilah yang terus kami galakkan,” ujarnya.

Upaya memaksimalkan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan ini kata Rusdi, juga sejalan dengan intruksi Camat Talang Kelapa  Salinan S.Sos.MM melalui surat edaran Nomor 1 Tahun 2024 Tentang pencegahan demam berdarah,  kemudian diteruskan kembali melalui surat Imbauan Lurah Sukajadi tentang pelaksanaan gotong royong serentak membersihkan lingkungan di seluruh RT wilayah Sukajadi.

Ditambahkan Ketua RT 027 RW 005 Kelurahan Sukajadi M. Rohali S.Hi, menambahkan bahwa ada salah satu warganya yang terpapar DBD dan baru saja sembuh usai dirawat di RS Siloam Palembang selama 5 hari.

“Bersama  warga di lingkungan  RT 27 kami melakukan pencegahan DBD melalui gotong royong  untuk membasmi jentik-jentik nyamuk pembawa virus DBD, agar tidak ada lagi warga yang ikut terjangkit DBD. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir akibat musim hujan,” tambahnya.

Share

Ads