loader

Hasil Mapping, Beberapa Wilayah di OKU Timur Rawan Banjir, Longsor dan Puting Beliung

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Sedangkan daerah rawan longsor, Desa Negeri Ratu, Desa Mendah dan Desa Negeri Pakuan. Daerah rawan puting beliung Desa Tulang Bawang.

Demikian diungkapkan Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK, pada apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam 2020, di wilayah hukum Polres OKU Timur pada Jumat (03/01/2019) di halaman Mapolres OKU Timur.

"Dalam kesempatan ini, perlu saya sampaikan BMKG memprediksi curah hujan meningkat terjadi pada Januari hingga Maret 2020, di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya OKU Timut dan perlu penanganan segera dari TNI/Polri beserta stake holder, bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat untuk melaksanakan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam," imbuhnya.

Pelaksanaan apel inu juga mengandung maksud dan tujuan dalam rangka menyamakan langkah serta menyatukan tekad saling bahu membahu dalam menanggulangi bencana akam yang bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapu, meliputi banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya,katanya.

Kapolres juga menambahkan, oleh karena itu Polres OKU Timur dibantu stakke holder harus mampu memberdayakan kekuatan personik sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan bencana alam di wilayah OKU Timur.

"Perlu kita cermati, pada penanggulangan bencana alam ini diperlukannya pemikiran yang matang sehingga Polres berserta instansi terkait dapat menentukan langkah-langkah," katanya.

Dalam menghadapi muaim penghujan saat ini yang rawan bencana alam Polred OKU Timur beserta instansi terkait menyiapkan perlengkapan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres OKU Timur, meliputi tabung pemadam air ringan sebanyak lima buah, perahu karet dua unit, jas hujan 48 buah, toa lima buah, Chainshaw (mesin pemotong kayu) dua unit.

Police line lima buah, pelampung dan helm 10 buah, kantong jenazah 16 buah, tandu satu buah, gas oksigen satu buah, tenda pleton enam unit, valbed 10 buah, mobil dapur umum satu unit, stok beras dan Sembako tersedia. Untuk pos terpadu berada di kantor BPBD OKU Timur.

"Langkah cepat yang kita ambil ini semoga menjadikab ladang amal dan keikhlasan kita dalam pelaksanaan tugas. Peran serta Polri tidak terlepas dari sinergisitas yang telah kita bangun bersama selama ini dalam komitmen keamanan dan ketertiban masyarakat, dimana kebersamaan menjadi hal mutlak dalam menyelesaikan permasalahan. Polri wajib menjalankan ini dengan tanggungjawab dan komitmen sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat siap tidak siap harus segera turun ke lapangan dalam Harkamtibmas," ujarnya.

Share

Ads