loader

Pejabat Akan Gunakan Batik Hasil Kerajinan Masyarakat Lokal Saat HUT Lahat

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA mengungkapkan, selain menciptakan ciri khas sendiri, batik dari Lahat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan di masyarakat. Bahkan, pemda akan mendukung penuh keterampilan membatik yang ada di Kabupaten Lahat.  

"Membatik akan melekat dan menciptakan batik khas lahat, tidak usah lagi beli jauh di Yogyakarta cukup di Lahat saja, ciri khasnya juga ditonjolkan. Pemda siap beli produk dari kreasi dan inovasi masyarakat," ujarnya, saat memberikan sambutan pada acara pelatihan membatik tahun 2020, Rabu (19/2/2020).

Sementara itu, Ketua Dekranasda Lahat, Lidyawati Cik Ujang S.Hut menyampaikan, tujuan dari mengasah keterampilan membatik guna mendapatkan ciri khas baik dari kelurahan atau desa, sehingga diharapkan mampu bersaing di pasaran. 

Menurutnya, batik yang dibuat dengan menonjolkan kearifan lokal ini, tidak kalah dengan yang ada di luar sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Seganti Setungguan.

"Nanti design batik yang menang atau terpilih, yang pertama akan dikenakan oleh kepala daerah dan Forkompimda, juara kedua oleh Kepala OPD dan peringkat ketiga dipakai camat serta kepala desa (Kades), ketika HUT Kabupaten Lahat," sampai Lidyawati.

Share

Ads