loader

Rapid Test Masih Berlangsung, 21 Pedagang Pasar Kebon Semai Reaktif

Foto

PALEMBANG , GLOBALPLANET - Juru bicara Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan, hari ini ada 88 orang yang merupakan pedagang pasar kebon semai yang baru usai menjalani Rapid test.

"Hari ini ada 88 pedagang yang jalani Rapid test, dari jumlah tersebut ada 21 orang yang menunjukkan hasil reaktif dari Rapid test," ujar Yudhi ketika dikonfirmasi via telepon, Kamis (28/5/2020).

Sehari sebelumnya, sudah ada 28 pedagang dan warga di seputaran Pasar Kebon Semai diperiksa dan hasilnya empat orang yang menunjukkan hasil reaktif dari Rapid test. "Pedagang yang menunjukkan hasil reaktif Rapid tes akan dijadwalkan uji swab, nah itu masih kami jadwalkan dulu," kata dia.

Sementara pada hari pertama, gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Palembang melakukan Rapid test pada 34 orang di sekitar pasar tersebut.

Yudhi melanjutkan sebanyak 20 orang lainnya menjalani swab termasuk keluarga N sebanyak 5 orang. "Untuk keluarga pasien sudah menjalani swab pada tanggal 26 Mei lalu dan hasilnya akan keluar sekitar satu minggu lagi," jelasnya.

Pemeriksaan ditargetkan selesai pada Jumat (28/5) besok dan rapid akan dilakukan kepada pedagang yang belum menjalani Rapid tes.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Dagang (PD) Pasar Palembang, Jaya Abdul Rizal mengatakan Pasar Kebon Semai Sekip Palembang sudah ditutup sementara untuk memudahkan pelaksanaan swab maupun Rapid test bagi warga sekitar.

Rencananya penutupan pasar akan dilakukan selama 10 hari. "Sudah disampaikan juga pada warga yang hasil pemeriksaannya positif, mereka diminta supaya jangan dulu datang ke pasar. Ini sesuai arahan petugas. Mereka yang hasil pemeriksaannya positif, diwajibkan untuk isolasi mandiri dan tidak boleh kemana-mana dulu," ujarnya.

 

Share

Ads