loader

Cegah Karhutlabun, Pemkab Muba Lakukan Patroli Hingga ke Desa

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - "Kita harus dapat meminimalisir kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Kabupaten Muba. Lakukan patroli mulai dari kecamatan hingga ke desa-desa," ujar Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi.

Selain sebagai sarana sosialisasi, patroli yang dilakukan tim gabungan, mulai dari TNI, Polri, BPBD, Masyarakat Peduli Api, dan pihak lainnya ini bertujuan pula untuk mendeteksi sejak dini titik api, sehingga cepat ditangani, terutama desa yang memiliki lahan gambut.

"Sering lakukan koordinasi yang lebih baik lagi, ketersediaan alat berat harus di siapkan sejak awal. Jika minim nya tingkat kebakaran itu terjadi maka dapat menjadi sebuah prestasi di Muba,” jelas dia.

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, mengatakan, terdapat beberapa cara dalam penanggulangan Karhutlabun yaitu, melakukan pencegahan dengan merubah pola pikir masyarakat, pemadaman titik api dengan tepat dan baik.

Lalu, adanya penegakan hukum dan perangkat daerah harus dapat berperan aktif, seperti menyiapkan alat berat dan adanya sumber air. "Bersama padamkan api, bentuk sinergitas yang baik dalam menanggulangi dan pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Kabupaten Muba,” kata dia.

Sementara, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muh. Saifudin KZ, menambahkan, personil tahun ini telahbdipersiapkan secara baik dan akan membuat konsep lebih baik dari tahun kemarin. "Untuk sekarang sudah melaksanakan sosialisasi tentang larangan membakar hutan. Mudah-mudahan dapat mengantisipasi lebih awal," tandas dia.

Share

Ads