loader

Memasuki New Normal, Objek Wisata Danau Toba Dibuka Secara Bertahap

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - ‎Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, kepada media, Jumat (19/6/2020), menyebutkan pembukaan secara bertahap itu dilakukan karena menyesuaikan diri dengan fase new normal atau kenormalan baru dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

"Pembukaan bertahap ini akan dimulai bulan Juli 2020," ujar Rapidin. Namun, Rapidin menegaskan hanya wisatawan lokal asal kabupaten dan kota di Sumut saja yang diperbolehkan datang ke objek wisata di Samosir.

Ia memastikan protokol kesehatan terkait Covid-19 akan diutamakan dalam menyambut wisatawan lokal. Setelah wisatawan asal Sumut, selanjutnya objek wisata di Danau terbesar di Asia Tenggara ini juga akan dibuka untuk pengunjung dari luar provinsi.

“Bulan Agustus sampai Bulan Oktober 2020, kami menerima wisatawan antar kota atau daerah sudah bisa masuk,” tutur Rapidin.

Rapidin mengungkapkan, Kabupaten Samosir mer‎upakan daerah zona hijau atau bebas Korona. Namun, dengan dibukanya objek wisata di Danau Toba, Ia tidak mau menjadi ada temuan kasus Covid-19.

“Makanya, kita tetap lakukan evaluasi dengan membuka objek wisata Danau Toba di Samosir secara bertahap,” ungkap Rapidin.

Rapidin menjelaskan untuk kunjungan ke Danau Toba untuk wisatawan mancanegara (wisman) akan dibuka pada November 2020 atau Januari 2021. ‎

Pastinya, akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat mendatangkan para turis yang akan berlibur di Danau vulkanik terbesar di dunia itu.

“Untuk mancanegara barangkali sudah bisa masuk mulai dari Bulan November 2020 hingga Bulan Januari 2021,” jelas Rapidin.‎

Kendati objek wisata Danau Toba di kawasan Pulau Samosir kembali dibuka, Rapidin mengungkapkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Samosir untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.‎

“Juni sosialisasi dan bulan Juli uji coba dengan timeline wisatawan lokal. Kemudian evaluasi terhadap uji coba pengunjung domestik dan mancanegara,” tandas Rapidin.

Kabupaten Samosir menjadi objek wisata primadona Danau Toba, yang kerap dikunjungi Wisatawan Mancanegara (Wisman) dan Wisatawan Lokal serta Nasional.Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, pelaku usaha pariwisata di daerah mengalami penurunan omset drastis, bahkan ada yang mengalami kerugian.

Share

Ads