loader

Puluhan Pedagang hingga Pengelola Pasar di Palembang Positif Covid-19

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Diketahui, sebelumnya 25 orang pedagang dan warga sekitar Pasar Kebon Semai dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Kemudian jumlah ini bertambah 4 orang, yakni 2 dari klaster Pasar Kebon Semai dan 2 orang lainnya klaster Pasar Kebun Bunga, sehingga totalnya 29 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palembang Yudhi Setiawan menjelaskan, untuk Pasar Kebon Semai dari serangkaian rapid tes yang terakhir dilakukan pada 21 Juni dan uji swab terakhir yang dilakukan pada tanggal 13 Juni 2020, didapati 2 orang positif baru dari klaster Kebon Semai. Satu diantaranya adalah pengelola pasar.

"Sejak awal 57 pedagang sudah dilakukan swab yang hasilnya keluar sudah 37 orang dan 27 diantaranya dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan 14 orang lagi hasilnya belum keluar," jelas Yudhi ketika dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (22/6/2020).

Yudhi melanjutkan, selain Pasar Kebon Semai, terdapat dua pedagang yang positif Covid-19 di Pasar Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami Palembang. Hasil pemeriksaan setelah dilakukan rapid test masal kepada 131 pedagang maupun pengelola pasar.

“Dari 131 pemeriksaan, 23 diantaranya reaktif setelah dilakukan rapid test. Namun setelah dilakukan swab test kepada 10 sampel, dua diantaranya positif Covid-19,” katanya.

Menurut Yudhi, dari semua yang positif di dua pasar tersebut, didominasi Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Selain itu ada juga yang dirawat di rumah sakit dan Wisma Atlet.

“Untuk selanjutnya, swab test telah dilakukan kepada keluarga pedagang yang positif Covid-19, namun hasilnya pemeriksaan belum keluar," tandasnya.

Share

Ads