loader

Puluhan Personil Diberi Latihan Peningkatan Kemampuan Tangani Karhutla

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Latihan tersebut digelar dalam rangka penanganan bencana Kebakaran, Kebun, dan Lahan (Karhutla), mengingat Kabupaten Musi Banyuasin menjadi daerah atensi Pemerintah Pusat lantaran rawan terjadi Karhutbunla saat musim kemarau.

"Latihan peningkatan kemampuan ini dalam rangka pencegahan, penanganan, dan penegakan hukum bencana Karhutla di Kabupaten Muba," ujar Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem.

Dikatakan Yudhi, para peserta yang mengikuti latihan dan simulasi diharapkan dapat benar - benar memahami prosesur penanganan Karhutla di Bumi Serasan Sekate. "Saat ini kita sudah memasuki musim kemarau. Kita harua siap, mulai dari pencegahan, penanganan, hingga penegakan hukum," beber dia.

Untuk pencegahan sendiri, sambung dia, pihaknya bersama dengan TNI, Pemkab Muba terus melakulan sosialisasi kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak membuka lahan atau kebun dengan cara membakar.

Dimana sosialisasi dilakukan oleh Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Jajaran, dan berbagai pihak lainnya, baik dengan cara door to door maupun dengan cara membagikan selebaran atau spanduk imbauan larangan.

"Kita sudah mulai lakukan pencegahan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Jika itu tetap dilakukan atau dilanggar, sanksi hukumnya dapat berlaku," tegas dia.

Share

Ads