loader

Kereta Api Rute Kertapati - Lubuk Linggau Beroperasi Lagi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kereta api berkapasitas 371 tempat duduk itu, sebelumnya sempat berhenti beroperasi sejak enam bulan lalu dengan alasan menekan penyebaran COVID - 19.

Kepala Divisi Regional III Palembang, Tamsil Nurhamedi melalui Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti menyampaikan beroperasinya KA Serelo ini dalam rangka menyambut HUT KA ke - 75 tahun yang jatuh pada 28 September mendatang.

Aida menjelaskan, para penumpang yang akan berpergian wajib mengikuti protokol kesehatan, dengan mengikuti syarat dan ketentuan bagi calon penumpang yaitu, dalam kondisi sehat, wajib menggunakan masker, suhu tubuh tidak melebihi 37 derajat celcius. Serta menunjukkan surat bebas COVID - 19 melalui hasil rapid test atau PCR. 

"Kami juga menyediakan face shield gratis kepada penumpang. Lalu, untuk memudahkan penumpang dalam pemeriksaan dan surat bebas COVID - 19 kami menyediakan pelayanan rapid test dengan membayar Rp85 ribu di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuklinggau," jelas Aida, Kamis (24/9/2020). 

Penumpang yang bertiket akan mendapatkan Faceshield dari PT KAI, sedangkan bagi penumpang infant (anak dibawah 3 tahun) tidak disediakan dan menyediakan sendiri. 

Aida juga mengingatkan agar masyarakat yang hendak menggunakan kereta api untuk melakukan test rapid paling tidak 1 hari sebelum keberangkatan kereta api, untuk menghindari penumpukan penumpang. 

"Penumpang juga dimohon datang ke stasiun kereta api lebih awal minimal 60 menit sebelum keberangkatan agar tetap nyaman dan aman serta protokol jaga jarak dapat berjalan dengan baik di stasiun," katanya. 

Para penumpang dapat melakukan pemesanan tiket yang dijual H-7 keberangkatan. Okupansi penumpang akan dibatasi mengingat tempat duduk diatur berdasarkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak. 

"Okupansi penumpang akan dibatasi menjadi 70 persen dari tiket yang dijual dan penempatan tempat duduk akan diatur berdasarkan system dalam pemesanan tiket serta berlaku jaga jarak," ujarnya. 

Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya. "Sementara itu untuk penjualan tiket di loket stasiun hanya melayani tiket go show atau dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," tandas dia.

Share

Ads