loader

75 Desa di Lahat Diisi Pejabat Sementara

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Penjabat kades ini diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di ruang lingkup Pemda Lahat baik dari kantor kecamatan, tenaga pendidik maupun kesehatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi mengatakan, untuk menggantikan posisi kades defenitif yang sudah habis masa jabatannya, pihaknya memberi masukan agar memprioritaskan tenaga ASN dari kantor kecamatan. Tentunya, dengan pertimbangan, kata Ekman, tenaga pendidik serta petugas kesehatan di Kabupaten Lahat memegang peranan yang sangat penting dalam pelayanan di desa terlebih saat ini pandemi covid-19.

"Tenaga pendidik dan kesehatan yang menjadi Pj Kades, karena dikhawatirkan bisa menganggu pelayanan kesehatan di desa dan proses belajar mengajar di sekolah," ungkapnya, Rabu (21/10/2020)

Sementara, Kabid Tata Wilayah dan Administrasi Pemerintah Desa Dinas PMDes Kabupaten Lahat, Imam Santosa S.STP MSi menuturkan bahwa pada 2021, pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan. Termasuk jabatan Kades yang masa jabatan habis pada 2020-2021, tetap mengikuti pilkades.

" Saat ini masih dalam pendataan, namun ada 75 desa yang bakal mengikuti perhelatan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021," ungkapnya.

Share

Ads