loader

Waspada Sedini Mungkin Penyakit Jantung

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Hal itu diungkapkap Mawardi saat menghadiri puncak peringatan HUT ke 39 YJI Sumsel di Griya Agung, Palembang. "Kita harus waspada sedini mungkin atas penyakit jantung. Sejauh ini, peran YJI sudah sangat terlihat dan harus terus ditingkatkan," ujar dia.

Untuk diketahui, menurut data WHO pada 2017 lalu menyebutkan penyakit jantung adalah penyebab pertama kematian di dunia. Diperkirakan 17,9 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2016, mewakili 31 persen dari semua penyebab kematian di dunia.

Dari kematian tersebut, 85 persen disebabkan oleh serangan jantung dan stroke. Dimana lebih dari tiga perempat kematian terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Jadi, Pemprov Sumsel akan terus mendukung keberadaan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumsel. Karena YJI dinilai telah banyak membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat  dalam menurunkan jumlah penderita sakit jantung di Indonesia. 

Menurutnya, YJI Sumsel merupakan wadah bagi masyarakat. Dimana melalui YJI, masyarakat bisa mendapatkan pemahaman dan edukasi terkait penyakit jantung, sehingga serangan jantung tersebut dapat dihindari. Selain itu, YJI Sumsel juga dinilai dapat membantu pemerintah dalam menekan angka penderita penyakit jantung di Sumsel.

"Penyakit jantung ini tidak dapat diprediksi. Namun melalui YJI Sumsel, masyarakat dapat diberikan edukasi sehingga penyakit jantung itu bisa dideteksi secara dini. Tentu Pemprov Sumsel sangat mendukung keberadaan yayasan ini. YJI Sumsel ini dapat membantu pemerintah menekan angka penderita jantung," katanya.

Dia juga meminta, BUMD, BUMN, dan semua pihak untuk turut andil memberikan perhatian dan berkontribusi di setiap kegiatan yang digelar YJI Sumsel. "Saya minta juga BUMN dan BUMD untuk memperhatikan keberlangsungan jantung sehat ini. Karena YJI ini sangat bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Di usia YJI yang ke-39 tersebut, Ketua oleh Hj Fauziah Mawardi Yahya pun berharap, YJI dapat terus berkontribusi dalam bidang kesehatan dengan memberikan edukasi dan pemahaman yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Harapan kami, kontribusi tersebut terus ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Sumsel ini," pungkasnya.

Share

Ads