loader

KAI Divre III Palembang Prediksi Bakal Terjadi Dua Kali Puncak Arus Penumpang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Kita prediksi puncak arus penumpang yang berangkat menggunakan kereta api akan terjadi pada H-1 Natal dan H-1 tahun baru 2021," ujar Manager Humas PT KAI Divre III Aida Suryanti, Rabu (23/12/2020).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya telah menyediakan 14.800 tempat duduk dengan jumlah per hari 744 tempat duduk. selain itu, pihaknya pula menyediakan posko Angkutan Nataru 2020-2021 pada 18 Desember 2020 hingga 6 Januari 2021.

"Nataru saat ini, kami siapkan posko angkutan Natal dan tahun baru dari tanggal 18 Desember 2020 sampai 6 Januari 2021. Terhitung sejak posko berdiri, sudah 2.594 tiket yang dipesan," jelas dia.

Aida menjelaskan saat ini penumpang Kereta api masih diperbolehkan menggunakan surat rapid antibodi. "Rapid antigen kami belum menjadikannya untuk syarat penumpang KA, karena masih dalam lingkup Provinsi. Jadi penumpang masih diperbolehkan menggunakan surat keterangan rapid antibodi, " jelasnya. 

Seperti diketahui, PT KAI telah menetapkan untuk menjual tiket KA hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE nomor 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020. 

"Mengingat masih pandemi, tiket belum seluruhnya kami jual. Untuk wilayah Divre III Palembang, Kereta api (KA) Bukit Serelo tujuan Kertapati-Lubuklinggau (PP) sudah bisa dipesan, pemesanan tiket sudah dapat dilakukan masyarakat secara online. Sementara untuk tujuan Kertapati-Tanjung Karang masih belum bisa dipesan," tambahnya. 

KAI juga memastikan protokol kesehatan tetap terjaga selama masa Nataru, dengan menyiapkan hand sanitizer di dalam kereta api dan memberikan face-shiled kepada penumpang yang telah memiliki tiket. 

Share

Ads