loader

Lagi, Kapal Tongkang Hantam Jembatan Lalan

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - Kapal Tongkang milik PT Bara Sentosa Lestari itu berangkat dari Dermaga Pulai Gading dengan dengan tujuan ambang luar.

"Ada insiden tersebut (kapal senggol pondasi jembatan) yang mengakibat kan pondasi jembatan tergores dan buritan tongkang sebelah kiri mengalami kerusakan border," ujar Kepala Dinas Perhubungan Muba, Pathi Riduan, Selasa (29/12/2020).

Lebih lanjut Pathi mengatakan, usai insiden itu, kapal Tug Boat dan Tongkang saat ini masih di tahan di Kantor Wilker Karang Agung KSOP. Sedangkan untuk nakhoda dan pihak agen PT Karya Pacific telah dimintai keterangan oleh KSOP.

"Kapal saat ini masih ditahan, dan piahk terlibat sudah dimintai keterangan untuk mempertanggung jawabkan atas kerusakan dimaksud," tegas Pathi.

Sementara, Kawilker KSOP Karang Agung, Poniman, mengatakan, sudah ada komitmen dari pemilik kapal untuk melakukan perbaikan jembatan. Dia menegaskan jembatan hanya tergores, "tidak sampai tergeser, cuma tergores saja," ujarnya.

Untuk mencegah kasus serupa terulang, pihaknya bersama stakeholder terkait sudah menyiapkan rencana untuk pemanduan setiap kapal yang melintas. "Rencananya seperti itu, kalau untuk saat ini nantinya akan ada penjadwalan kapal yang melintas jadi diatur. Draft jadwalnya ada pada pak kadishub," tukasnya.

Disinggung sering terjadinya kapal menabrak jembatan, Poniman mengatakan, hal itu dikarenakan faktor derasnya air, sementara kapal terseret arus. Ditambah jembatan yang berada didekat tikungan sungai. "Harusnya memang di posisi lurus, kapal kan gak bisa belok semudah mobil," pungkasnya.

Terpisah, salah satu warga Desa Sukajadi, Heriyanto, menuturkan, insiden sengolan pada tiang sebelah kiri jembatan berakibat dampak jembatan mengalami retak pada pinggiran tiang mengakibatkan terbuka diantara sambungan jembatan.

"Kita minta tolong insiden ini ditindaklanjuti, sudah berapa kali kejadian seperti ini. Kita minta ada penegasan untuk keluar masuk kapal yang melalui jembatan di perairan Lalan," tandas dia.

Share

Ads