loader

HUT OKU Timur Ke-17, HD: Jika Diistilahkan Remaja Sedang "Minjak Mulak"

Foto

OKUT, GLOBALPLANET. - "Saya dan pak Kholid merupakan saksi dan pelaku OKU Timur baru ada APBD pada 2005, ketika saya terpilih berupaya memenuhi keinginan masyarakat yang sedang senang," imbuhnya.

Menurut Deru, HUT ke-17 OKU Timur ini jika istilah dalam bahasa Komering "Minjak Mulak". "Minjak Mulak artinya remaja yang sedang bagus-bagusnya sehingga menjadi perhatian orang banyak," ungkapnya.

Dari angka kemiskinan yang cukup tinggi berkat kerja keras angka kemiskinan OKU Timur lambat laun menjadi rendah. Sehingga kekompakan harus terus dijaga. Meskipun ditengah wabah Covid-19 pembangunan harus tetap berjalan.

"Jalankan pemerintahan dengan kegembiraan jangan dibuat susah, jika memang bisa cepat mengapa harus lama. Jika ringan jangan dipersulit, namun yang terpenting apa manfaat dari program kerja dan pembangunan. Sumbatan itu pasti ada untuk  itu harus ada petugas untuk menyelesaikan sumbatan," tegasnya.

Sekarang sedang dilakukan vaksin, namun Pemprov Sumsel tidak memberlakukan denda, karena jumlah vaksin belum bisa mencukupi. "Bagaimana saya akan buat Pergub atau Perda barangnya saja belum bisa mencukupi," tegasnya.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, menambahkan kondisi awal pemekaran  OKU Timur dimulai dengan berbagai keterbatasan. Sarana dan prasarana perkantoran pemerintahan saat itu masih belum memadai. Demikian pula sarana dan prasarana pendidikan maupun Kesehatan diantaranya sekolah, Puskesmas, Poskesdes dan Pustu juga dalam kondisi yang kurang layak. Disisi lain, kondisi keamanan juga masih menjadi permasalahan utama. 

"Meskipun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat kita untuk membangun daerah yang kita cintai ini," pungkasnya.

Dalam kurun waktu 17 tahun  sejak berdirinya,  OKU Timur melalui jajaran pemerintahannya telah banyak melakukan upaya percepatan pembangunan dengan mengakomodir aspirasi masyarakat dan menggali serta mengoptimalkan potensi daerah dengan berbagai terobosan inovatif yang telah banyak membuahkan hasil. 

"Capaian ini tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat," katanya.

Share

Ads