loader

Hulu Migas Merupakan Penggerak Ekonomi Daerah

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - Hal ini tergambar dalam kegiatan Sosialisasi Industri Hulu Migas sebagai Penggerak Perekonomian dan Pengembangan Industri di Daerah yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Asset 1 Ramba Field yang berlangsung di balai pertemuan Koramil Sungai Lilin. 

Pertamina EP Asset 1 Ramba Field yang diwakili Petroleum Engineer Assistant Manager, Indra Gunarso pada saat membuka kegiatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan sosialisasi. 

"melalui kegiatan ini kami Pertamina mohon dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan guna kelancaran operasi dan peningkatan produksi minyak Nasional," ujar dia.

Bertindak sebagai narasumber adalah Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Sumsel, Barlin Akbar ST dan Kabag Ops Polres Musi Banyuasin, Kompol Zulkifli SH MH. 

Hadir sebagai undangan adalah pimpinan Muspika Kecamatan Babat Supat, Rio Aditya, pimpinan Muspika Kecamatan Sungai Lilin, Agus Kurniawan dan pimpinan Kecamatan Keluang, Debby Haryanto beserta Kapolsek di masing-masing wilayah serta Kepala Desa dan Lurah yang masuk dalam area operasi perusahaan. 

Memulai sosialisasi, Barlin dalam paparannya menyampaikan ada beberapa peran penting kegiatan hulu migas untuk daerah. 

"Pertama dan tentu sudah dirasakan kita selama ini adalah dana bagi hasil (DBH) sebanyak 15,5 persen untuk minyak dan 30,5 persen untuk gas bumi, selain itu pendapatan pajak dan retribusi daerah ada juga dana CSR, penyerapan tenaga kerja lokal," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu ia menjelaskan kegiatan hulu migas bertujuan untuk mencari potensi yang ada. "Jangan dihambat karena untuk kepentingan bersama, kalau memang ada kendala terus berdialog," paparnya. 

Sementara, Kabag Ops Polres Muba Kompol Zulkifli, mengatakan, pemahaman kepada masyarakat terhadap teknis pelaksanaan operasional eksplorasi perlu dososialisasikan kembali.

"Sehingga tidak akan mendapatkan protes yang dapat menimbulkan korban jiwa. Pelaksanaan kegiatan pengamanan dibagi menjadi 4 tahapan yaitu eksplorasi, pemboran (drilling), eksploitasi, dan tahap pengiriman minyak melalui pipa. Keempat hal ini yang menjadi fokus dari pihak kepolisian," kata dia.

"Kegiatan hulu migas ini juga merupakan salah satu objek vital nasional yang harus dijaga. Ia menjelaskan untuk pengamanan kegiatan operasional ini bukan hanya dilakukan pihak kepolisian saja tapi ini merupakan kegiatan bersama" pungkasnya.

Share

Ads