loader

Lantik Pengurus Baznas Sumsel, HD: Pengelolaan Dana Umat Harus Transparan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kepada para pengurus Baznas yang baru dilantik itu, HD minta agar para pengurus dapat menjaga kepercayaan muzzaki (orang yang dikenai wajib zakat) dan membawa Baznas menjadi lembaga yang sangat dibutuhkan umat. 

"Ini tugas pengurus, kita Ingatkan kaum muslim bahwa mereka butuh wadah untuk mengkanalisasi zakat, infaq, shodaqoh atau apapun bentuknya kepada para mustahik. Dan wadah itu adalah Baznas," ujarnya. 

Selain itu yang tak kalah penting kata HD, dalam pengelolaan dana umat ini harus transparan sesuai aturan yang diberlakukan dan dibuat se-fleksibel mungkin. Bila perlu agar muzakki bisa mengetahui kemana zakat yang diberikannya Baznas bisa membuat web khusus yang berisikan penyaluran dana umat tersebut. 

"Ini penting untuk kepercayaan muzakki Mereka harus yakin dulu nah itulah mengapa harus transparan," ujar HD. 

HD pun yakin zakat ini akan menjadi sumber pendanaan yang sangat besar jika dikelola dengan baik. Maka dari itu HD juga mengajak pengurus  untuk itu rajin-rajin bersosialisasi. Serta membuat Rencana Kerja Baznas yang jelas setiap tahun dan tidak terbatas pada satu segmen saja. 

Pola pendekatan yang dapat dilakukan pun hendaknya dapat lebih modern dengan cara-cara kekinian sehingga menarik minat dan kepercayaan muzakki. 

Terpenting lanjut HD, Baznas juga harus dapat menjelaskan ke calon pemberi zakat bahwa dana yang mereka salurkan dapat termanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran. Dengan begitu Baznas tetap menjadi pilihan utama di tengah banyaknya bermunculannya lembaga pengelolaan dana umat serupa. 

"Buat prioritas tahun ini apa misalnya fokus peningkatan ekonomi atau fokus bedah rumah," jelasnya. 

Dengan pengalaman sebagai mantan Kakanwil Kemenag Sumsel, HD yakin Ketua Baznas Sumsel yang baru Drs H. Najib Haitami MM dapat membawa Baznas menjadi lebih baik kedepan. 

 

Share

Ads