loader

Tahun Ini, 71 Event Pariwisata Bakal Ramaikan Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Ada lima tema besar untuk kalender even wisata tahun ini. Yakni, cap go meh oriental event, Islamic Event, HUT Palembang 1338 Event, Independence Day Event dan Palembang Sport Tourism.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, untuk menyukseskan kegiatan ini Dinas Pariwisata berkolaborasi bersama seluruh stakeholder pariwisata dengan sebutan PENTAHELIX (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media), berupaya membangkitkan lagi sektor industri pariwisata yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Tahun 2021 ini kita awali dengan mengemas berbagai event seni budaya dan olahraga dengan memilih tema ‘Payo Ke Palembang," kata Isnaini di Hotel Aston, Rabu (3/2/2021). 

Diakui Isnaini, industri pariwisata saat ini di seluruh dunia mengalami gejolak dan dampak sangat besar akibat pandemi Covid-19.

"Tapi kita tetap harus cari solusinya dan menjadi pemikiran bersama. Dinas Pariwisata terus berupaya agar dapat menyeimbangkan antara upaya menekan penyebaran pandemi covid-19 dengan memulihkan kembali sektor pariwisata agar dapat terhindar dari kesulitan ekonomi," paparnya.

Dirinya tidak menutup kemungkinan jika selama perjalanan kalender event pariwisata akan ada event tambahan yang terselip dari pihak-pihak penyelenggara dan pelaku seni. 

"Asalkan event nya berkualitas dan mengandung unsur pariwisata, bukan tidak mungkin akan ada event tambahan, " bebernya. 

Dia menambahkan, event paling banyak dan cukup besar akan berlangsung di bulan Juni dan Agustus. Sebab di bulan Juni adalah bulan kelahiran Kota Palembang dan Agustus yang merupakan hari Kemerdekaan RI. 

Dengan 71 event yang disiapkan Dinas Pariwisata, ia menargetkan jumlah wisatawan/pengunjung di Palembang mencapai 2,1 juta. Namun, target ini masih bergantung dengan kondisi pandemi. 

Tahun 2020 lalu pihaknya sempat merevisi target wisatawan dari 2,1 juta menjadi 800 ribu pengunjung. "Pandemi Covid-19 kita ini kan fluktuatif kadang kita (Palembang) zona merah, kadang oranye. Sehingga ini mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. Tapi kami berharap jumlah wisatawan tahun ini bisa di angka normal 2,1 juta," tutupnya. 

Share

Ads