loader

Basarnas Palembang Kirim 18 Personil Bantu Operasi SAR Banjir Jakarta

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Basarnas Palembang dan Jambi mengirimkan personel untuk diperbantukan di Basarnas pusat dalam operasi SAR di Jakarta,” ujar Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika, di kantor SAR Palembang Minggu (21/2/2021).

Lebih lanjut Hery mengatakan, selain personel untuk menunjang operasi SAR selama seminggu, personel juga membawa alut air diantara perahu karet dan peralatan evakuasi korban yang membutuhkan pertolongan. 

“Mereka diperbantukan selama satu minggu, setelah itu akan dievaluasi oleh Basarnas pusat apakah akan diperpanjang atau tidak. Jika dirasa cukup maka personel akan kembali ke Palembang,” katanya lagi.

Untuk siaga bencana di Sumsel, Hery menyebut, Basarnas Palembang menyiagakan empat tim dengan jumlah 50 personel mana kalah terjadi bencana personel ini siap diterjunkan untuk membantu BPBD.

"Mana kalah kita membutuhkan maka kita bisa meminta bantuan dari potensi SAR dari TNI, Polri dan masyarakat yang pernah kita latih operasi SAR inilah yang bisa membantu Basarnas dalam operasi SAR,” ujarnya.

Hery juga menyebut sejauh ini kondisi cuaca di Sumsel tidak se ekstrem di Jakarta. “Makanya kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui BPBD Sumsel dan sudah sampaikan bahwa Basarnas Palembang siap 24 jam membantu BPBD jika terjadi bencana banjir,” tandasnya.

 

Share

Ads