loader

Kemenhub Puji Jalan di Sumsel Mulus

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Hal ini diungkapkan Budi Setiyadi saat menghadiri acara deklarasi dan normalisasi kendaraan menuju zero Over Dimension Overload (ODOL) 2023 di Griya Agung Palembang, Sabtu (27/2/2021).

"Saya yakin dan percaya dengan dukungan dari Gubernur Herman Deru untuk mendukung Zero ODOL ini. Buktinya saja saya lihat sendiri komitmennya untuk membangun infrastruktur soal jalan di provinsi yang sudah bagus," kata Budi.

Budi mengatakan apa yang dilakukan saat ini sebenarnya sudah sejak 2017. Menhub berkeinginan persoalan ODOL diselesaikan sampai 2023.

"Kendaraan over dimensi ini sangat banyak, 2023 ODOL akan diselesaikan. Namun dalam menjalankan tugas tentu dukungan dan kinerja dari setiap Dinas Perhubungan Provinsi maupun Kabupaten dan Kota serta pihak kepolisian," jelasnya.

Lanjutnya, angkutan ODOL biasanya memiliki bak muatan berbagai ukuran. Ada yang lebih dari 1,5 meter, ada dua meter, bahkan ada yang lebih dari empat meter. Sehingga dengan muatan berlebihan itu tentu akan merusak jalan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru, berterima kasih kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub yang telah menginisiasi Deklarasi ODOL. Hal ini lanjutnya membantu Pemprov Sumsel serta Kabupaten dan Kota di wilayahnya.

"Jadi atas inisiasi ini yang telah membantu kita. Bukan kita yag membantu mereka. Sehingga dengan adanya ini membuat kita semakin bersemangat untuk menyelaraskan antara standarisasi kontruksi infrastruktur dengan standarisasi batas angkutan," ungkap Deru.

Menurutnya, jika penegakan ODOL sudah berjalan bersamaan, diyakini apa yang dibangun selama ini seperti infrastruktur jalan akan bisa bertahan lama termasuk juga jiwa masyarakat pengguna jalan akan terselamatkan.

"Artinya aksi ini harus kita sambut dengan baik bahkan saya akan ajak Bupati dan Wali Kota untuk melaksanakan aksi secara serentak. Saya ingin ini ada gerakan secara serentak," ujarnya.

Share

Ads