loader

Soal Air Bersih, Masyarakat 2 Desa Ini Tak Perlu Khawatir

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Sebab, jaringan pipa distribusi air bersih sepanjang 3.800 meter telah selesai dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 dan dapat dinikmati masyarakat.

Kepala Dinas Pemukiman Rakyat Kawasan Perumahan dan Pertanahan (PRKPP), Kabupatenn Lahat, Limra Naupan ST MT melalui Kabid Kawasan Permukiman dan Penyehatan Lingkungan, Leni Marlena ST, mengatakan, pihaknya mengusulkan banyak desa untuk dibangun instalasi air minum.

Namun, dari banyaknya desa yang diusulkan, hanya dua desa yang diterima karena telah memenuhi persyaratan. "Sebenarnya ada banyak desa yang kita usulkan untuk dibiayai melalui dana DAK Air Minum. Dari sekian desa yang diusulkan, dua desa tersebut yang disetujui oleh kementerian, karena telah memenuhi kriteria sebagai desa penerima,” ujarnya, Selasa (2/3/2021).

Program tersebut, dapat melayani 260 sambungan rumah dengan sumber mata air pengaliran dengan sistem gravitasi. Tak hanya itu, masyarakat juga berperan penting dalam pelaksanaan porogram tersebut, mengingat mulai dari perencanaan sampai pemeliharaan dilakukan diolah oleh masyarakat.

“Ya, sistemnya swakelola. Jadi masyarakat terlibat langsung. Kalau Pemda sifatnya hanya sebatas memfasilitasi," tandas dia.

Share

Ads