loader

Hari Ketiga, Dinkes Palembang Belum Terima Laporan Penolakan Vaksin Oleh Lansia

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Karena sudah tiga hari ini berjalan kita tidak mendapat laporan yang menolak dari data yang sudah tercacat. Jika mereka (lansia) sudah tercantum datanya, artinya mereka sudah siap vaksinasi," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Mirza Susanty, Rabu (3/3/2021).

Dikatakan Mirza, pihaknya sangat optimis pelaksanaan vaksinasi bagi lansia dapat berjalan optimal. Sebab, edukasi dan manfaat penyuntikan vaksin Covid-19 telah disosialisasikan secara menyeluruh.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel sasaran vaksin lansia Palembang sebanyak 66.141 orang. Ia mengatakan vaksinasi Covid-19 bagi lansia sudah berjalan sejak Senin (1/3/2021) lalu dan telah terlaksana di beberapa Kecamatan/Kelurahan Kota Palembang. Hingga Selaaa  (2/32021) sudah ada 408 lansia Palembang yang sudah divaksin. 

Teknis pendaftaran bagi lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa melalui website resmi Kemenkes tiap daerah atau dilakukan secara kolektif. "Ada yang sudah dari RT setempat dan Puskesmas masing-masing menerima data lansia penerima vaksinasi. Kemarin vaksinasi lansia ada yang sudah dilaksanakan di 5 Ilir Kecamatan Ilir Timur II," terang dia. 

Mirza menuturkan, dari penerima prioritas vaksinasi Covid-19 tahap 2, pihaknya juga mengutamakan penyuntikan vaksin bagi pelayan publik seperti TNI/Polri, Pedagang dan Wartawan selain untuk lansia. Karena ketentuan vaksinasi tahap 2 melibatkan 11 kelompok masyarakat.

"Kalau yang untuk pelayan publik sasaran kita sementara untuk 88 ribu orang di Palembang dengan satu orang mendapatkan 0,5 vial vaksin. Namun memang dalam distribusinya belum tuntas, saat ini saja kita baru dapat 3.800 vial yang telah teralokasi," tutupnya. 

Share

Ads