loader

Vaksin Sinovac Tangkal Varian B117, Ini Penjelasan Ahli Mikrobiologi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Ahli Mikrobiologi Universitas Sriwijaya Prof Yuwono menegaskan, masyarakat harus tetap tenang, sebab vaksin Sinovac yang digunakan di Indonesia bisa diandalkan untuk menangkal virus corona B117 karena mengandung virus utuh.

"Varian B117 hanya bagian dari mutasi virus Covid-19 jadi vaksin Sinovac yang lagi dipakai Indonesia bisa mengatasi virus," ungkap Prof Yuwono.

Menurutnya vaksin buatan China itu bereaksi ke seluruh tubuh sehingga B117 bisa langsung teratasi ketika masuk ke dalam tubuh. 

"Kandungan utuh virus di dalam vaksin tidak lepas dari penggunaan teknologi yang dilakukan China, berbeda dengan vaksin Pfizer yang hanya mengandung RNA virus sehingga masih dipertanyakan efektifitasnya, " jelasnya. 

Oleh karena itu ia meminta masyarakat ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang saat ini telah mencakupi hampir tiga juta orang di Indonesia, selain untuk mencegah B117 juga agar kasus baru Covid-19 bisa terus ditekan.

Seperti kasus aktif Covid-19 di Sumsel yang menunjukkan penurunan hampir 50 persen dalam beberapa pekan terakhir, meskipun belum ada penelitian terkait dampak vaksin dan penurunan kasus namun menurutnya itu sudah kabar baik bagi penanganan Covid-19 di Sumsel.

Ia mengimbau masyarakat tidak panik menghadapi B117 yang telah terdeteksi masuk ke Indonesia khususnya Sumsel, sebab varian itu tidak lebih berbahaya dari Covid-19.

"Tidak perlu heboh dengan B117, karena kita semua seharusnya sudah dewasa menghadapi informasi-informasi terkait virus, yang penting protokol kesehatannya dilaksanakan dan ditingkatkan lagi," tutupnya. 

Share

Ads