loader

Tinjau RS Pratama, Pj Bupati PALI: Segera Dioperasikan

Foto

PALI, GLOBALPLANET.news - "Kedatangan kami kesini dalam rangka melihat apa yang telah dibangun pemerintah Kabupaten PALI salah satunya rumah sakit ini. Setelah dilihat, fisik bangunan ini luar biasa karena sudah menghabiskan dana yang cukup tinggal pemanfaatannya," ujar dia.

Untuk pengoperasian Rumah Sakit Pratama, Pj Bupati mengaku masih terkendala alat kesehatan (Alkes), namun Pemkab akan mencari jalan agar alkes bisa tersedia supaya rumah sakit bisa difungsikan. 

"Karena rumah sakit merupakan sarana masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, terlebih saat ini yang masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang tentunya sangat dibutuhkan masyarakat PALI dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Jadi sangat penting dilakukan Pemkab dalam mengambil langkah untuk segera mengoperasikannya," tukasnya. 

Rencana pengoperasian Rumah Sakit Pratama, Pj bupati menyarankan Dinas Kesehatan PALI agar melakukan kerja sama terlebih dahulu dengan Puskesmas Tanah Abang dan RSUD Talang Ubi. 

"Keberadaan Rumah Sakit Pratama ini cukup strategis bisa menjangkau pelayanan di tiga kecamatan, yaitu Tanah Abang, Abab dan Penukal. Apabila ini sudah beroperasi, maka masyarakat tidak harus jauh-jauh menuju RSUD Talang Ubi. Untuk persiapan difungsikannya rumah sakit itu, perlu kerjasama dengan faskes, yakni Puskesmas Tanah Abang dan RSUD Talang Ubi," terangnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perkim  Ahmad Hidayat, menyatakan bahwa bangunan RS Pratama Tanah Abang saat ini tahap penyerahan. 

"Ada beberapa titik yang sudah terlihat lapuk akan kita perbaiki. Namun untuk bangunan baru, masih dalam perawatan pihak ketiga. akhir tahun ini sudah serah terima dan rumah sakit sudah berfungsi. Kabarnya juga dari Dinkes dianggarkan untuk penyediaan Alkes, jadi saat beroperasi, sarana prasarana rumah sakit tersedia," katanya. 

Share

Ads