loader

Ini Strategi Bandara SMB II Palembang untuk Memikat Wisatawan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Executive GM PT Angkasa Pura II KC Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto mengatakan, keberadaan bandara saat ini tidak hanya akan melayani transportasi udara, kedepan pihaknya akan mengembangkan pelayanan kepada masyarakat di sektor ekonomi kreatif.

Terlebih lagi, potensi lahan di bandara masih dapat dimanfaatkan lagi untuk menjadi sarana hiburan masyarakat.

"Insyaallah tahun ini bisa terealisasi, rencana arena gokart yang berada di parkir internasional bandara dan arena MTB berada di sisi Stasiun LRT bandara seluas empat hektare," ujar Tommy, Minggu (4/4/2021).

Keberadaan arena wisata ini akan menyasar wisatawan, masyarakat dan komunitas dalam pengembangan wisata gokart. Rencana tersebut didukung dengan pengoptimalan airport plaza serta penambahan beberapa fasilitas seperti jalur sepeda.

Adanya arena wisata ini diharapkan dapat menanggulangi dampak penurunan penumpang yang mencapai 70 persen akibat pandemi Covid-19 selama setahun terakhir yang berdampak pada turunnya pendapatan Bandara SMB II Palembang.

"Inovasi bandara menjadi destinasi wisata juga banyak dilakukan bandara-bandara besar di dunia," kata dia menambahkan.

Selain arena wisata, pihaknya juga akan menggandeng pelaku UMKM di bagian Ruang tunggu penumpang sebelum keberangkatan pesawat. Pihaknya akan menggandeng Kadin Palembang untuk membuat lokasi khusus produk-produk UMKM di Bandara SMB II Palembang.

Tak sampai disitu, AP II juga akan membuat Sultan Gallery yang memuat informasi dan kerajinan khas Palembang yang juga dipsjang.

"Mendukung ekonomi kreatif, konsepnya nanti kami mau membuat little Palembang, jadi dari produk-produk yang dijual masyarakat dapat langsung mengetahui tentang budaya Palembang," jelasnya.

Share

Ads