loader

Bulog Jamin Stok Beras di Sumut Aman Sepanjang Ramadhan dan Lebaran

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET.news - "Aman, aman, kami pastikan aman (stok beras saat Ramadhan dan Lebaran),"ujar Pimpinan Wilayah (Pinwil) Perum Bulog Sumut, Arif Mandu, kepada para wartawan di Medan, Senin (5/4/2021).

Kata dia, saat ini ada 11.400 ton beras di seluruh gudang milik Bulog Sumut dan itu bisa mencukupi kebutuhan warga Sumut selama tiga bulan ke depan. Dimana kebutuhan warga Sumut mencapai 3.000 ton per bulan.

Konsumsi beras tersebut, sambung dia saat Ramadhan dan lebaran diprediksi mengalami peningkatan hingga 5.000 ton beras per bulan.

Ia juga mastikan pasokan beras dari para petani di berbagai kabupaten di Sumut bisa diserap Bulog. Sejak awal Januari hingga sekarang, kata Arif Mandu, ada 5.200 ton beras petani yang telah diserap Bulog Sumut.

"Umumnya dari para petani padi di Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu induk, Labuhanbatu Utara (Labura), dan Labuhanbatu Selatan (Labusel), serta dari Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun," kata Arif Mandu.

Semua beras milik petani itu, kata Arif Mandu, dibeli saat panen raya pada bulan Pebruari lalu, dengan harga di atas harga pembelian pemerintah (HPP) yakni Rp 8.300 per kilogram (kg).

Share

Ads