loader

Jaga Tradisi, Bupati Lahat Nanggok Ikan Bareng Warga

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Tradisi nanggok ini masih lestari salah satunya di Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. Bersama Bupati Lahat, Cik Ujang, ratusan warga Gedung Agung melakukan nanggok ikan di Tebat Lempaung, Minggu (11/4/2021).

"Sebelum masuk kedalam tebat dan menangkap ikan terlebih dahulu kita berdoa. Doa ini kita panjatkan sebagai bentuk syukur atas rezeki, dilindungi saat nanggok dan tentunya berpinta agar dapat ikan yang banyak, "terang Aziz, warga setempat sembari mengatakan ikan yang ada di kolam sudah dilepas sejak beberapa bulan lalu.  

Sementara, Bupati Lahat, Cik Ujang, SH sangat mendukung kegiatan warga itu. Bahkan, ia meminta agar tradisi nanggok dilestarikan dan diwariskan kepada anak cucuk.  

Dikatakan Cik Ujang, banyak sekali hal positif dari nanggok ini yakni menjaga silaturahmi, menjaga ekosistem ikan dan tentunya membantu warga sehingga warga kerap mengkonsumsi ikan. Tak hanya itu, ikan yang dilepas di kolam baru bisa diambil setelah ada kesepakatan bersama akan memupuk sikap patuh dan disiplin warga. 

"Tradisi ini harus kita kembangkan jadi destinasi wisata sehingga selain bisa panen ikan warga juga bisa mendapatkan manfaat secara ekonomi jika banyak wisatawan yang datang.  Kegiatan ini sangat menarik dan belum tentu dimiliki daerah lain. Untuk mari kita jaga dan kita lestarikan,” pintanya.

 

Share

Ads