loader

Tinjau Jembatan Ambruk di Desa Lubuk Atung, Bupati Lahat Janji Perbaiki

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Dalam kunjungannya itu, orang nomor satu di Kabupaten Lahat ini berjanji kepada masyarakat jembatan tersebut segera diperbaiki, agar perekonomian masyarakat kembali normal.

Namun, sambung dia, sembari menunggu perbaukan jembatan, untuk sementara pihaknya membangun jembatan gantung yang tidak jauh dari lokasi awal, dengan harapan aktivitas kembali berjalan meskipun belum maksimal seperti sebelumnya.

"Pembenaran jembatan gantung akan dipercepat. Warga saya pinta bisa bersabar, saya berjanji jembatan yang amblas itu secepatnya akan dibangun kembali,” kata Bupati Lahat Cik Ujang, Selasa (13/4/2021).

Sementara, Kepala Desa Lubuk Atung, Erica Vivilia, mengatakan, jembatan sepanjang 100 meter itu satu-satunya akses masyarakat. Saat ini roda perekonomian masyarakat masih berjalan, karena hanya sekitar 500 meter jembatan yang amblas, dan masih bisa dilintasi warga. 

Tapi bagi warga Trans Tembeling Jaya yang memiliki kendaraan untuk mengangkut hasil kebun, terpaksa sementara menitip di Desa Lubuk Atung. “Amblas sekitar delapan meter, itu gara-gara tanah terkikis oleh arus sungai yang deras. Kami berharap pembangunan ulang jembatan ini bisa segera dilakukan,” tuturnya.

Kepala Dinas PU PR, Mirza Azhari SY MT menjelaskan, pihaknya akan menghitung dahulu dana yang dibutuhkan, karena jembatan tersebut kondisinya harus dibangun ulang. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel, karena untuk estimasi biaya bisa mencapai sekitar Rp 4 miliar.

"Untuk jembatan gantung segera kita perbaiki. Secara pondasi dan bahannya masih dalam kondisi bagus. Kalau untukk jembatan permanen akan kita hiting terlebih dahulu besaran anggarannya," tandas dia.

 

Share

Ads