loader

Triwulan Pertama 2021, BI Catat 404 Lembar Uang Palsu Beredar di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - "Sejauh tahun 2021 ini tercatat 404 lembar uang palsu kami temukan terutama pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu, yang ditemukan beredar di Sumsel, angka ini lebih rendah dari peredaran uang palsu tahun-tahun sebelumnya," ungkap Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel Hari Widodo, Minggu (25/4/2021). 

Mengantispasi hal yang tidak diinginkan, ia meminta masyarakat menukar uang kartal di lokasi resmi agar tidak menjadi korban peredaran uang palsu karena biasnya menjelang lebaran dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab melakukan kecurangan.

"Agar terhindar dari uang palsu, penukaran uang sendiri telah kami telah bekerja sama dengan 28 Bank umum dengan 169 titik lokasi penukaran uang kartal. Jadi masyarakat bisa menukarkan di bank-bank tersebut, " katanya. 

Selain itu, untuk menghindari kecurangan itu pihaknya terus mengedukasi masyarakat agar cinta, bangga dan paham rupiah. Salah satunya dengan mengenali ciri uang asli.

"Yang penting edukasi cinta dan bangga dengan uang rupiah. Masyarakat juga harus berhati-hati risiko uang palsu dan mengenali ciri-ciri uang palsu seperti apa, " terangnya. 

BI Sumsel juga koordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengentaskan peredaran uang palsu di Sumsel mendekati Idul Fitri. BI Sumsel juga menyiapkan Rp 3,15 triliun uang kartal bagi masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah, yang bisa ditukarkan hingga 11 Mei 2021.

Share

Ads