loader

Samosir Jadi Destinasi Wisata, Kapolres Wajibkan Anggota Kuasai Bahasa Inggris

Foto

SAMOSIR, GLOBALPLANET.news - Kebijakan ini dikeluarkan seiring adanya keputusan Pemerintah Pusat yang menjadikan kawasan Danau Toba dan sekitarnya sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"In Saturday is English Day, itu program yang saya luncurkan. Di program ini, seluruh personel wajib berbahasa Inggris di setiap hari Sabtu atau akhir pekan," kata Kapolres kepada para wartawan di Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir, Selasa (27/4/2021).

Ia menyebutkan, program In Saturday is English Day bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para turis, terutama bagi para turis asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia, apalagi bahasa Batak.

“Tak seimbang jika polisi tidak pandai berbahasa Inggris di tempat wisata dunia karena polisi adalah pelayan masyarakat. Bagaimana nantinya melayani atau memandu wisatawan asing jika polisi tidak mampu berbahasa Inggris,” kata Kapolres.

Mantan Kasubdit V/Fismondev Ditreskrimsus Poldasu ini mengungkapkan, program In Saturday is English Day sudah mulai diujicobakan pada hari Sabtu (17/4/2021) lalu.

Ia juga memastikan bahwa program tersebut sebagai bentuk transparansi Polri yang mengutamakan Presisi (Prediktif, Resfonsibilitas, Transparansi Berkeadilan) atau polisi masa depan seperti yang didengungkan oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Sigit Listyo Prabowo.

Share

Ads