loader

Wawako Palembang Imbau Pengelola Retail Perhatikan SOP Distribusi Barang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Hal ini ia ungkapkan usai menggelar sidak di Diamond Social Market bersama BBPOM dan kepolisian, Selasa (27/4/2021). 

"Kita tau semua proses pasti sudah ada SOP harusnya bisa lebih jeli, kasihan masyarakat sudah beli dan percaya dengan barang yang dijual. Walaupun baru indikasi awal jangan sampai ada lagi. Pengelola supermarket dan swalayan lain harus memerhatikan ini, " tegasnya. 

Pada sidak yang ia lakukan, pihaknya menemukan empat jenis bahan makanan yang terindikasi mengandung zat berbahaya. Keempat bahan makanan ini diantaranya kolang-kaling, kismis, rebung dan sedap malam. 

"Hasil yang kami dapat dari 21 sampel terindikasi mengandung zat berbahaya di 4 sampel. Diantaranya kolang-kaling, kismis, rebung dan sedap malam, " katanya. 

Kepala BBPOM Palembang Drs Martin Suhendri mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian segera mengusut supplier barang-barang mengandung zat berbahaya yang patut dicurigai. 

"Khusus rebung, suppliernya sudah kami temukan siapa orangnya, lokal. Kami menginvestigasi dan menentukan tinggal kapan harus bergerak," kata Martin. 

SOP filter barang-barang yang masuk mesti dilakukan sesuai ketentuan sehingga tak ada bahan makanan berbahaya yang masuk. "Kalau sudah di filter dan terbukti tolong dokumennya ditolak saja dulu, " ujarnya. 

Share

Ads