loader

PT KAI Pasang Alat Pendeteksi Covid-19 di Stasiun Kertapati

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, sejak Senin 26 April 2021 GeNose telah terpasang di  stasiun Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau. 

"Sejak kemarin kami telah terapkan pemeriksaan GeNose C19. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api pada masa pandemi Covid-19," ujar Aida, Selasa (27/4/2021). 

Layanan ini merupakan sinergi antar BUMN dalam hal ini KAI dengan Indofarma melalui anak perusahaannya Farmalab. 

Dia menjelaskan, untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

"Tarif yang dikenakan pun cukup murah yakni hanya Rp 30.000 per orang untuk satu kali pemeriksaan, " katanya. 

Aida menjelaskan bahwa pemeriksaan GeNose C19 tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh. Adapun masa berlakunya hasil Negatif GeNose C19 tersebut adalah maksimal 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

Dengan bertambahnya stasiun pemeriksaan GeNose C19, saat ini sudah 54 stasiun Kereta Api yang melayani pemeriksaan GeNose C19 yang tersebar di stasiun Jawa dan Sumatera sejak pertama kali digunakan 5 Februari. 

Sampai dengan 25 April 2021, secara total KAI telah melayani lebih dari 720 ribu peserta pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun. 

“Kami apresiasi antusiasme masyarakat akan produk anak bangsa ini. Proses pemeriksaan GeNose C19 yang cepat, nyaman," tutupnya. 

Share

Ads