loader

BMKG: Belasan Daerah di Sumut Berpotensi Banjir dan Longsor

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Dari informasi yang diterima sejumlah media, Sabtu (15/5/2021), Kepala BMKG Sumut, Hartanto ST MM, menyebutkan antisipasi yang disarankan tersebut terkait potensi hujan lebat yang berdampak banjir dan longsor. Dalam keterangannya itu, Hartanto

mengatakan 15 daerah di Sumut yang berpotensi mengalami bencana longsor dan banjir yakni Kabupaten Dairi yakni di Kecamatan Tanah Pinem.

Lalu, Kabupaten Tanah Karo di Kecamatan Merek, Juhar, Tigapanah, Tiga Binanga, Lau Baleng, Mardinding, Kuta Buluh, Merdeka, Naman Teran, Tiganderket, Kabanjahe, Payung, Simpang Empat, Barus Jahe, Dolat Rakyat, dan Berastagi.

Kabupaten Langkat di Kecamatan Batang Serangan, Kutambaru, Salapian, Wampu, Padang Tualang, Selesai, Sirapit, Kuala, Stabat,Binjai, Sei Bingai, Besitang, Sei Lepan, dan Sawit Seberang.

Kabupaten Deliserdang di Kecamatan Kutalimbaru, Sibolangit, Gunung Meriah, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Sinembah Tanjung Muda Hilir, Sibirubiru, Namorambe, Pancurbatu, Sunggal, dan Delitua. Kabupaten Simalungun di Kecamatan Dolok Silau.

Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yakni Kecamatan Muara Batang Gadis, Natal Lingga Bayu, Siabu, Bukit Melintang, penyabungan Utara, Penyabungan, Barat, Huta Bargot, Batang Natal, dan Naga Juang.

Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Kecamatan Batang Angkola, Sayur Matinggi, Tano Tombangan Angkola, Angkola Selatan,

Angkola Timur, Angkola Barat, Batang Toru, Marancar, Sipirok, Arse, Saipar Dolok Hole, Muara Batang Toru, Angkola Sangkunur.

Kabupaten Padang Lawas (Palas) di Kecamatan Lubuk Barumun, Barumun, Ulu Barumun, Aek Nabara Barumun, Sosopan, Huristak, Barumun Tengah, Sihapas Barumun.

Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) di Kecamatan Batang Onang, Hulu Sihapas, Padang Bolak Julu, Padang Bolak Tenggara, Padang Bolak, Halongonan, Dolok, Halongonan Timur, Portibi.

Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yakni di Kecamatan Simangumban, Pahae Jae, Garoga, Pangaribuan, Pahae Julu, Adiankoting, dan Parbatua. Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yakni di Kecamatan Sitahuis, Sibabangun, Tukka, Sarudik, Pandang, Badiri, Lumut, Pinangsori, Sukabangun.

Sementara Kotamadya yang berpotensi terkena bencana adalah Kota Binjai yang meliputi Kecamatan Binjai Utara, Binjai Barat, Binjai Kota, dan Binjai Selatan. KOta Medan mencakup Kecamatan Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Selayang.

Kota Padang Sidempuan mencakup Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, Padang Sidempuan Batunadua, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidempuan Utara, dan Padang Sidempuan Hutaimbaru.

"Dan terakhir, Kota Sibolga yang berpotensi terkena bencana yakni Sibolga Selatan," kata Hartanto. BMKG Sumut, kata Hartanto, menyarankan masyarakat untuk menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, tepi pantai, dan kawasan pepohonan yang mudah tumbang.

Lalu, tambah Hartanto, BMKG Sumut juga menyarankan masyarakat agar mewaspadai potensi bencana seperti banjir atau banjir pesisir, tanah longsor, dan banjir bandang, terutama di daerah yang rentan.

"Kami juga berharap masyarakat memonitor perkembangan informasi cuaca dan peringatan dini dan cuaca ekstrim dari BMKG melalui website http://www.bmkg.go.id, media sosial seperti instagram, twitter, facebook, dan Youtube, Juga bisa dipantau melalui mobile phone infoBMKG, dan melalui call centre 196, serta berkoordinasi langsung dengan Stasiun BMKG terdekat," kata Hartanto memberi saran. 

Share

Ads