loader

Aksi Bela Palestina, DPRD Sumsel Satu Suara: Hati dan Pikiran Kami Sama, Kutuk Israel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - DPRD Sumatera Selatan pun menyatakan satu suara dengan para pendukung kemerdekaan bangsa Palestina yang menggelar aksi solidaritas kemanusiaan di Kota Palembang yakni mengutuk kekejaman Israel.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Sumsel Muchendi, disela-sela aksi damai bela palestina yang dilakukan oleh ormas Islam gabungan dan ratusan peserta aksi, Jumat (21/5/2021). 

Ia mengajak masyarakat di Sumsel agar terus menggaungkan dukungan kemerdekaan palestina dengan kemampuan masing-masing karena di level internasional Pemerintah Indonesia juga sedang menyuarakan hal yang sama.

"Kita turut prihatin, dan sebagai saudara sesama muslim dukungan terus mengalir," katanya. 

Muchendi menegaskan, pihaknya mengecam kekerasan yang dilancarkan oleh Israel karena menyebabkan ratusan warga Palestina termasuk puluhan anak-anak meninggal dunia dalam dua pekan terakhir.

"Kami berdiri di sini dengan hati dan pikiran yang sama mengutuk kekejian Israel, apa yang Israel lakukan tentu tidak bisa diterima," kata Muchendi di hadapan peserta aksi. 

Sementara pada aksi solidaritas yang disuarakan di halaman DPRD Sumsel tersebut para peserta aksi menyatakan sikap akan terus mendukung kemerdekaan Palestina atas dasar hutang budi.

"Indonesia berhutang budi kepada Palestina karena menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, sebagai anak bangsa sepatutnya kita mendukung penuh Palestina," kata koordinator aksi, Iskandar.

Selain mengutuk kekejaman Israel, pendukung juga meminta Pemerintah Indonesia memperkuat desakan kepaea persatuan bangsa-bangsa (PBB) agar menjatuhkan sanksi berat kepada Israel.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira menambahkan, kepolisian mengapresiasi rombongan peserta aksi yang selama menyuarakan pendapatnya tetap menjaga protokol kesehatan. 

"Aksi yang berlangsung selama satu jam ini mendapat kawalan dari ratusan personel gabungan. Saya ancungi jempol untuk aksi ini karena berjalan sesuai protokol kesehatan," ujar Irvan. 

Share

Ads