loader

Kota Palembang Hanya Kebagian 40 Kuota CPNS

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kepala BKPSDM Kota Palembang Riza Pahlevi mengatakan, tahun 2021 ini perolehan kuota CPNS amun rincian posisinya belum dipublikasi sebab menunggu arahan pemerintah pusat.

"Kuota yang sampai ke kami sudah ada tapi belum kami publikasikan karena menunggu arahan dari Pemerintah pusat," ujarnya, Kamis (27/5/2021).

Riza menjelaskan, secara keseluruhan Pemerintah Kota Palembang menerima kuota 540 formasi CPNS dan PPPK. Kuota Palembang jauh turun drastis dibanding penerimaan CPNS sebelumnya.

"Tahun ini cuma hanya 40 formasi. Ini hanya ditujukan kepada bagian administrasi di sejumlah OPD, sedangkan 500 P3K ditujukan kepada guru," ujarnya.

Riza mengakui Kota Palembang sendiri sangat kekurangan tenaga guru bahkan kuota P3K yang diterima Palembang tahun ini tidak cukup menutupi kekurangan guru.

"Kita ini masih kekurangan 1.000 guru makanya itu (P3K) yang diprioritaskan dibanding CPNS," ungkapnya.

Jatah rekrutmen CPNS yang sedikit bukan hanya disebabkan faktor pensiun, dia menjelaskan ada tiga faktor yang membuat kuota formasi CPNS dan P3K naik turun setiap tahunnya. Yakni mutasi ASN, ASN pensiun, dan terakhir adalah meninggal.

"Jadi polanya bukan berapa jumlah yang pensiun, ada banyak faktor kenapa kuota berubah-ubah. Mulai dari mutasi, pensiun, hingga meninggal, " tutupnya.

Share

Ads