loader

BNN Prabumulih Launching 2 Desa Bersinar

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Lauching Desa Bersinar, ditandai pemukulan gong Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Irjen Pol Djoko Prihadi SH disaksikan Sekda, Elman ST MM dan Kepala BNN, AKBP Ridwan SH, Rabu (30/6/2021) di desa Pangkul,  Kecamatan Cambai Kota Prabumulih.

Djoko mengatakan, dalam rangka memberantas peredaran gelap narkoba penting sekali punya komitmen tinggi.

“Apalagi, pada peringatan HANI. Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin telah mencanangkan, desa  bersinar sebagai ujung tombak pemberantasan narkoba,” ujar Djoko pernah tugas sebagai Kapolsek Prabumulih Timur pada  pemerintah kata dia, telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No 2/2021 tentang aksi menyeluruh perang terhadap narkoba dari Pusat ke daerah.

“Prabumulih sendiri, telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwako) sebagai upaya P4GN. Patut diapresiasi, apalagi belum banyak daerah melakukannya. Termasuk, sejumlah kabupaten/kota di Sumsel,” terangnya.

Ucapnya, pembentukan Desa Bersinar ini harus didukung struktur dan program tentunya. Program pembiayaan, masuk anggaran APBD hingga APBDes.

“Di awal Desa Pangkul dan Kelurahan Muara Sungai, harapan kita desa lain ikut menjadi desa bersinar,” bebernya.

Jika semua desa di Kota Nanas ini menjadi desa bersinar, jelas mempuyai ketahanan terhadap narkoba, sebagai modal modal melawan dan perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Dua desa ini, memang menjadi pilot project BNN. Kita upayakan, ke depan seluruh desa menjadi Desa Bersinar,” harapnya.

Ditambahkan Kepala BNN Prabumulih, AKBP Ridwan SH, terima kasih atas dukungan dan fasilitas Pemkot dalam pelaksanaan P4GN dilakukan Pemkot.

“Terbitnya regulasi Pemkot, jelas sangat mendukung kegiatan desa bersinar. Dalam rangka perang melawan narkoba ini,” ucapnya.

Perang terhadap narkoba diawali BNN tetap masive. Mulai dari penyuluhan atau sosialisasi, rehabilitasi, dan pemberantasan. 

“Dengan Desa Bersinar ini, harapan kita bisa memutus mata rantai penyalahgunaan dan peredaran narkoba di desa,” tegasnya.

Pemerintah Kota Prabumulih  mengapresiasi langkah BNN melakukan pendekatan promotif, preventif, dan lainnya, ucap sekda Kota Prabumulih, Elman ST MM.

“Salah satunya, dicanangkan Desa Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba di Desa Pangkul ini. Ini adalah bentuk sinergi melawan peredaran gelap narkoba,” ujar Elman.

Kegiatan ini harus terus dilanjutkan sehingga pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba bisa dioptimalkan dan maksimalkan lagi. 

“Sehingga, penyalahgunaan dan peredaran narkoba bisa terus ditekan di Bumi Seinggok Sepemuyian ini,” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Pangkul, Jakaria Yadi mengatakan, kalau dirinya dan warganya akan berkomitmen membantu BNN, Polres dan Pemkot dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

“Sudah kita bentuk Satgas berikrar dan berjanji, ikut peran serta aktif melawan atau perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” jelasnya.

Kata Jaka Pangkul ini, komitmen kuat dirinya bersama warganya akan berangsur-angsur membersihkan desanya dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba. “Kita dukung program Pemerintah, program Desa Bersinar. Desa Pangkul, bersih narkoba,” tutupnya.

Share

Ads