loader

Rusunawa di OKU Timur Siap Tampung Pasien Covid-19 Gejala Sedang dan Ringan

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Bupati OKU Timur H Lanosin ST melalui wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH, mengatakan, pihaknya memfasilitasi dan mengkoordinasi pelaksannan persiapan Rusunawa menjadi rumah sehat bagi warga yang terpapar Covid-19 pada tahapan orang tanpa gejala. 

"Seluruh lini aparat yang terkait untuk membantu melangkapi fasilitas rumah sehat tersebut yang masih ada kekurangan," ujar dia, Jumat (23/7/2021).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur H Zainal Abidin menambahkan, Gedung Rusunawa sudah bisa dipergunakan sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19 kategori sedang dan ringan.

Dia menambahkan, yang termasuk pasien sedang yakni pasien positif Covid-19 yang disertai demam, batuk ringan, kehilangan penciuman serta tidak ada penyakit bawaan. Sedangkan pasien Covid-19, ringan yakni masih dalam keadaan sehat dan pasien orang tanpa gejala bisa di Rusunawa dan isolasi mandiri di rumah.

Menurut zainal, Pasien yang positif Covid-19 katagori sedang dan ringan dapat diusulkan oleh Gugus Tugas maupun tim kesehatan untuk di isolasi ke Rusunawa atau masyarakat yang positif juga bisa meminta untuk isolasi mandiri di Rusunawa

"Untuk tenaga medis sudah dipersiapkan, diambil dari Rumah Sakit Umum dan Puskesmas di Martapura, ada tiga dokter dan juga sembilan perawat termasuk bidan di siapkan untuk rumah sehat Rusunawa," jelas dia.

Kadinkes mengatakan bangunan Rusunawa milik kementrian PU PR ini terdiri dari tiga lantai 42 pintu satu rumah dua kamar yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur, dapur dan layak di huni.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perumahan dan pemukiman OKU Timur telah meminjamkan bangunan ini," ungkapnya.

Share

Ads