loader

Kapolsek BP Peliung Rapat Koordinasi Dengan PT MHP Bahas Soal Pencegahan Karhutla

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Guna mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di wilayah Kecamatan BP Peliung, OKU Timur untuk Kapolsek BP Peliung Iptu Andi Wijaya, SH, menggelar rapat koordinasi yang berlangsung di  PT MHP.

Kapolres OKU Timur, Polda Sumsel AKBP Dwi Agung Prasetyo, SIK, MH, melalui Kapolsek BP Peliung, pada Kamis (01/06/2023) mengatakan, rapat koordinasi tentang pencegahan  dan penanggulangan Karhutla perlu dilakukan guna mengantisipasi maupun mencegah terjadinya Karhutla.

Kegiatan koordinasi dilakukan di PT MHP  yang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di kehutanan kayu eopcalistus yang berdiri sejak tahun 1990 dengan luas HGU seluas kurang lebih  4.500 ektar yang berada di wilayah hukum Polsek BP Peliung.

Alat yang dimiliki oleh PT MHP dalam mencegah dan pemadam api tersebut antara lain  tiga buah Tower pamantau api, satu  unit Damkar R6. satu  unit mobil dobel kabin yang dilengkapi mesin sancin dan mini striker. Baju karyawan pemadam kebakaran, selang buang dan hisap air. Masker api dan sarung tangan api, tas ransel berisi alat pemadam api alat pemadam api ( geep piok). Skop,cangkul,kapak mata dua dan biasa. Tas ransel,Senter dan garu damkar

Kapolsek BP Peliung Iptu Andi Wijaya, SH, Iptu Andi Wijaya, menghimbauan kepada petugas pemadam api PT MHP, agar pihak PT MHP khusunya team pemadam api selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam memadamkan api yang terpantau didalam hotspot.

Mengharapkan  pihak perusahaan PT MHP agar menyiapkan segala sesuatu dalam menyambut musim anas di  2023.  Agar dipastikan seluruh sarana dan prasana tetap dalam kondisi baik dan siap pakai serta operator yg mumpuni dalam mengoperasikan semua prasarana yang telah lengkap dan Pos Pemantau api serta security perusahaan tetap Siaga.

"Kami dari pihak kepolisian siap siaga 1x24 dalam hal apapun termasuk kegiatan pemadaman api dan kegiatan Harkamtibmas,"terangnya.

PT MHP memiliki anggota sebanyak 70 orang untuk mencegah Karhutlah yang ada di PT MHP dengan dibagi menjadi tiga  ship  dari jam 07.00 Wib sampai dengan 16.00 Wib ship satu. Ship dua dari pukul  16.00 Wib sampai dengan  23.00 Wib,ship tiga  dari pukul  23.00 Wib sampai dengan 07.00 Wib.

Langkah-langkah Polsek Bp Peliung dalam mencegah Karhutlah, melakukan Kordinasi dengan pihak PT MHP. Melakukan pengecekan alat pemadam kebakaran yang dimiliki PT MHP. Melakukan giat patroli bersama team api PT MHP

Share

Ads